Penanaman Ratusan Tanaman Mangrove di Muara Pasir Jambak Padang

KBRN, Padang : Penanaman bibit mangrove kembali dilakukan dikawasan pasir jambak, pagi tadi. Kegiatan dilaksanakan oleh Komunitas Konservasi Pasir Jambak atau Jambak Sea Turtle Camp dengan menanam ratusan bibit mangrove disekitar Muara Batang Anai Pasir Jambak.

Ketua Komunitas Konservasi Pasir Jambak Pati Hariyose mengatakan penanaman magrove merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap minggunya. Untuk minggu ini, Kawasan Muara Pasir Jambak Kota Padang dipilih sebagai antisipasi erosi yang suatu saat dikhawatirkan akan mengancam pemukiman warga sekitar.

Dalam aktifitas penanaman mangrove, mengikutsertkan berbagai komunitas yang peduli terhadap lingkungan diantaranya Pemberdayaan Wanita Universitas Bung Hatta, kelompok Siaga Bencana, Karang Taruna dan warga setempat. Pengikutsertakan partisipasi komunitas, diakui Hariyose bentuk keterbatasan tenaga dan dana yang dimiliki Jambak Sea Turtle Camp. Oleh sebab itu, penanaman dilakukan secara bertahap dan rutin setiap minggunya dengan melibatkan komunitas yang peduli terhadap lingkungan.

“Ratusan bibit mangrove kembali kami tanam di Kawasan Muara Pasir Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Kegiatan ini, juga mengikut sertakan berbagai komunitas lainnya di Kota Padang. Bibit sendiri didapat dari Balai Pengelola Aliran Sungai,” ucap Pati Hariyose (Minggu, 28/11/2021).

Pati Hariyose menyebutkan penanaman mangrove dilakukan sejak empat bulan terakhir dengan jumlah mangrove yang telah ditanam baru sekitar 10 ribu bibit dari target 20 ribu bibit. Sementara itu, dari 11 hektar lahan yang akan ditanam baru sekitar lima ribu hektar yang telah dilakukan penanaman.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar