BPBD, MASYARAKAT HARUS CERDAS MENYIKAPI BENCANA

KBRN, Padang : Bencana silih berganti terus melanda wilayah Sumatera Barat. Untuk itu perlu peningkatan masyarakat terkait dengan mitigasi bencana. Selain itu masyarakat harus cerdas dalam menyikapi bencana.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Dharmasraya Eldison kepada RRI pagi tadi. Dijelaskan Eldison, Sumatera Barat merupakan daerah yang rawan terjadinya bencana, seperti banjir, tanah longsor, angin putting beliung, kebakaran hutan, gempa bumi yang disertai ancaman tsunami.

“Memang kita ini tinggal di daerah yang rawan bencana dan Sumatera Barat ini etalasenya semua bencana,”ujar Eldison, Jum’at (15/10/2021).

Untuk menyikapi semuanya itu, BPBD Kabupaten Dharmasraya secara intent terus memberikan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat, terutama yang tinggal di lokosi yang sering terjadi bencana.

“Dalam setahun ini, kita terus lakukan sosialisasi dan imbauan kepada warga kita,”tambahnya.

Lebih lanjut Eldison menjelaskan, untuk wilayah Kabupaten Dharmasraya, bencana yang sering terjadi yakni bencana banjir, kebakaran hutan, kekeringan, angin putting beliung dan tanah longsor.

“Daerah yang bencana, pulau punjung, timpeh, sitiung, koto baru, abai  dan koto besar,”tuturnya.

Sementara itu salah seorang warga Buk Farida mengatakan, pihak terkiat, khususnya bagian kebencanan terus melakukan sosialisasi, sehingga warga sudah memahami terkait dengan penanggulangan bencana sejak dini.

“Kita sudah dapatkan sosialisasi dari para relawan kebencanaan, sehingga warga tahu dan paham terkait penyelamatan dini,”ujar Farida.

Lebih lanjut Buk Farida berharap, kegiatan sosialisasi dan imbauan harus dilakukan secara berkala, sehingga masyarakat akan lebih mengetahui, apa yang harus dilakukan disaat terjadi bencana.

“Ya lebih sering hendaknya di lakukan sosialisasi kebencanaan itu, jadi warga lebih siap dan cerdas dalam menyikapi bencana,”harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00