BKSDA SUMBAR, UPAYAKAN TERUS SOSIALISASIKAN SATWA LIAR

KBRN, Padang : Balai Konservasi Sumber Daya Alam BKSDA Sumatera Barat terus memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait dengan satwa satwa liar yang harus dilindungi.

Kepala BKSDA Resor Agam, Ade Putra kepada RRI siang tadi mengatakan, hingga saat ini masiha banyak satwa liar yang dilindungi diperjualbelikan oleh masyarakat. Satwa liar tersebut ditangkap, bahkan dibunuh. Kondisi sangat memprihatinkan ditambah dengan semakin berkurangnya habitat dan daya dukung satwa liar di alam.

Untuk itu Ade Putra menjelaskan, mencintai satwa liar bukan berarti harus memiliki dan  mengurungnya, namun bagaimana mencintai dengan cara yang berbeda dan lebih baik untuk satwa tersebut dengan cara mensosialisasikannya kepada orang terdekat agar tidak memelihara satwa liar, membantu menjaga habitat, atau membantu menjadi bagian dari lembaga yang melindungi satwa liar utamanya yang dilindungi.

“Kita terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, agar satwa liar yang dilindungi ini untuk tetap di jaga begitu juga dengan habitatnya,”ujar Ade Putra, Sabtu (15/01/2022).

Lebih lanjut Ade Putra menjelaskan,  diwilayah Sumatera Barat sendiri terdapat beberapa satwa liar yang lindungi yakni Harimau Sumatera, Beruang, Macan Dahan, Kijang dan Rusa .

“ Satwa satwa liar ini yang harus kita lindungi, kami dari BKDSA terus melakukan pengawasan, pemantauan terhadap satwa liar ini dari tangan tangan orang yang tidak bertanggungjawab,”tutupnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar