Forum FRB  Tingkatkan Pengetahuan Masyarakat Tentang Bencana

KBRN, Padang : Provinsi Sumbar merupakan daerah yang memiliki potensi bencana yang besar. Pengetahuan tentang mitigasi bencana menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko bencana. Di samping memperkuat mitigasi bencana, sehingga risiko-risiko yang ditimbulkan dari bencana dapat diminimalisir.

Direktur kesiapsiagaan BNPB Pangarso Sutiyotomo dalam kegiatan Mubes Level 2 FRB  mengatarakn upaya pengurangan risiko bencana harus diintensifkan. Menurutnya Mitigasi bencana perlu diperkuat, sehingga risiko bencana bisa diminimalisir.

“  salah satu upaya meminimalisir korban yakni dengan meningkatkan pengetahuan tentang kebencanaan.  Dari 19 kabupaten kota di Sumbar, 18 diantaranya telah memiliki Forum pengurangan bencana atau FRB. Sedangkan untuk target kehadirannya  di Sumbar diproyeksikan tahun depan dapat tuntas, “ ungkapnya Kamis (9/12).

Menurutnya, penanganan bencana harus melibatkan semua pihak sehingga penanggulangan bencana dapat dilakukan dengan baik dan mampu mengurangi risiko bencana.

Sementara itu Koordinator FRB Sumbar Khalid Syaifullah mengatakan disamping Sumbar Daya Alam SDA yang melimpah, harus tetap waspada terhadap setiap bencana.

“ Daerah kita juga dikenal dengan etalasenya bencana, seperti bencana gempa, tsunami, gunung meletus maupun banjir bandang yang mengintai setiap saat, Karenanya kita harus tetap waspada,” Ujarnya

Ia berharap berbagai kemungkinan akibat bencana, dapat diminimalisir dengan penguatan mitigasi bencana, salah satunya dengan rutin melakukan sosialiasi kepada masyarakat terutama yang berdomisili di daerah-daerah rawan bencana.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar