Masyarakat Selaku Stakeholder Utama

KBRN, Padang : Penyelenggaraan mitigasi berbasis vegetasi menempatkan masyarakat selaku stakeholder utama  dalam mendukung keberhailan program// Diakui, sejauh ini tingkat  keberhasilan program khususnya pada 7 daerah kabupaten dan kota di Sumatera Barat cukup menggembirakan dan  upaya ke arah itu mestinya terus ditingkatkan.

Dalam perbincangannya dengan RRI, Sabtu, (23/10/2021), Ahli Madya Pengelolaan  Sumbar Daya Pesisir dan Laut – BPSPL Kota Padang, Rahmat Irfansyah menyatakan, dari pemerintah sendiri khususnya   dari BPSPL berupaya menggenjot  pelaksanaan program  agar dapat berkontribusi nyata dan memberi manfaat bagi masyarakat daerah, terutama warga yang berdomisili di pesisir pantai yang selama terancam bancana tsunami dan abrasi.

" Untuk saat ini manfaat program memang belum dirasakan langsung oleh pada umumnya namun harus diakui, pada beberapa daerah yang mitigasi berbasis vegetasinya berjalan dengan baik, masyarakatnya dapat langsung merasakan pengurangan dampak bencana yang disebabkan abrasi pantai," ujarnya.

Keberadaan tumbuh-tumbuhan seperti cemara laut dan mangrove memberi manfaat nyata bagi masyarakat yang bermukim di sekitar area vegetasi tersebut. Cukup beralasan jika mitigasi berbasis vegetasi menjadi program andalan dalam penanganan atau pengurangan dampak bencana seperti tsunami dan abarasi pantai.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar