BKSDA Agam Kembali Lepasliarkan   Elang Jenis Brontok

KBRN,Padang : Kepala  Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat Sumbar Resort Agam  Ade Putra menjelaskan setelah melakukan obsertvasi dan pengamatan terhadap 2 ekor elang jenis Brontok ini pihaknya memastikan kondisi kedua hewan ini dalam keadaan aktif untuk kembali dilepasliarkan kehabitat aslinya. Menurutnya kedua satwa berkelamin betina dan berusia 2 sampai 3 tahun. Pada tubuh satwa sudah tidak ditemukan luka, cacat ataupun tanda kekerasan lainnya. Selain itu Satwa masih memiliki sifat liar dan agresif .

“ Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat Sumbar Resort Agam hari ini berencana kembali melepasliarkan kembali 2 ekor burung jenis elang Brontok di lokasi Hutan Mangrove Tanjung Mutiara Agam, yang selama ini menjadi habitatnya,” Ungkap Kepala BKSDA Agam, Ade Putra, Selasa (7/9/21).

Ade Putra menjelaskan kedua jenis elang yang dikenal dengan nama latin Nisaetus Cirrhatus ini merupakan hewan  liar jenis predator yang mengkonsumsi tikus, ular dan monyet  untuk jenis elang  yang sudah berusia remaja, terutama di wilayah pantai. “ kembalinya 2 ekor elang jenis Brontok ini kelokasi aslinya dapat kembali menjaga ekositem serta sebagai pengendali, ditempat habitat hewan tersebut.,” paparnya

Ade Putra menambahkan, sebelumnya 2 ekor burung jenis elang Brontok dimaksud  diserahkan  personil Polisi Perairan Kabupaten Agam, Senin (6/9/21). Dua ekor elang brontok  langka itu awalnya ditemukan beberapa waktu lalu dalam kondisi terluka dan tidak bisa terbang, tidak jauh dari Mako Satpolair Polres Agam di Muaro Putuih nagari Tiku V Jorong kecamatan Tanjung Mutiara, Agam. 

“ Setelah kondisinya sehat dan lukanya sembuh, Aipda Tri Hariyanto personil dari Polisi Perairan Agam menghubungi petugas BKSDA untuk menyerahkan satwa tersebut, tambahnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar