Gagal Panen Akibat Kekeringan Melanda Daerah

KBRN, Padang : Kekeringan yang melanda Kabupaten Padang Pariaman pada pertengahan Juli hingga awal Agustus 2021 telah menyebabkan tidak sedikit petani yang mengalami kegagalan panen.  Hal itu diungkapkan Kalaksa BPBD Padand Pariaman, Budi Mulya kepada RRI, Kamis, (5/8/2021).

Dikatakan, kekeringan  yang melanda daerah  selama lebih kurang satu bulan itu berpengaruh pada semua aspek kehidupan, salah satunya aktifitas pertanian. Petani mengeluhkan produksi yang jauh menurun, belum lagi serangan hama yang mengakibatkan petani kehilangan sumber pemasukannya pada musim ini.

" Beberapa daerah mengalami kegagalan panen dengan komoditi utamanya adalah padi.  Namun musim kekeringan ini tidak berlangsung lama, satu bulan berikutnya sudah memasuki musim penghujan.  Dengan begitu keluhan yang dihadapi petani daerah tidak berlangsung dalam rentang waktu yang  panjang," ujar Budi Mulya.

Pada kesempatan yang sama, Budi Mulya juga mengimbau masyarakat di daerah agar peka dalam menyikapi situasi alam sekitar. Perubahan cuaca bisa terjadi kapan saja dalam rentang waktu yang tidak terduga, oleh sebab itu perlu kepekaan masyarakat menyikapi kondisi tersebut. Peralihan musim, dari kemarau ke musim penghujan tidak menuntup kemungkinan potensi bencana di daerah setempat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar