HUJAN BADAI, POHON BERTUMBANGAN

KBRN, Padang : Hujan disertai angin kencang, berdampak terhadap banyaknya pohon tumbang dan atap rumah warga yang rusak. Untuk itu masyarakat tetap di imbau untuk meningkatkan kewaspadaannya. Kepada RRI, Kepala Pelaksanan Badang Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Padang Pariaman Budi Mulya mengimbau dan mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaannya. Menurutnya, prediksi dari BMKG, kondisi kondisi cuaca yang ekstrim hingga akhir tahun ini. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai angin kencang masih akan terjadi, terutama di wilayah Kabupaten Padang Pariaman.

Imbauan tersebut disampaikannya disela sela kegiatan pembersihan material pohon tumbang akibat hujan dan angin kencang di beberapa titik diPadang Pariaman pagi tadi.

“Ya kita sedang melakukan pembersihan material pohon tumbang yang terjadi pada subuh pagi tadi,”ujar Budi Mulya, Senin (20/12/2021).

Lebih lanjut Budi Mulya menjelaskan, masyarakat bersama unsur terkait seperti BPBD,TNI Polri dan relawan secara bergotong royong membersihkan rumah warga yang terkena dampak dari musibah banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

“Hujan yang terjadi beberapa hari ini, memang banyak rumah warga yang terkenak, jadi kmai secara bersama sama membersihkan rumah warga yang terkena dampak musibah banjir, longsor dan pohon tumbang,”tutur Budi Mulya.

Sementara itu Camat Nagari Tandikek Barat Padang Pariaman Syafrudin mengatakan, menyikapi kondisi cuaca yang esktrim ini, masyarakat selalu siaga dan meningkatkan kewaspadaannya. Menurutnya, masyarakat sudah trauma dengan musibah gempa pada tahun 2009 lalu.

“Masyarakat disini sudah siaga dengan bencana ini, mereka trauma dengan gempa 2009 dulu,”tutur Syafrudin.

Untuk itu Camat Nagari Tandikek Barat  Padang Pariaman Syafrudin berharap, dinas dan instasi terkait secara intent terus memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama yang berada di daerah daerah rawan bencana.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar