Masyarakat Diminta Waspada Meningkatnya Curah Hujan Diwilayah Sumbar

KBRN, Padang : Badan Meteorologi  Klimatologi dan Geofisika-BMKG Minangkabau Padang meminta masyarakat Sumatera Barat untuk waspada dan siap siaga terhadap meningkatnya curuh hujan awal bulan September hingga November 2021, terutama di daerah rawan bencana.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika-BMKG Minangkabau Padang Heron Tarigan mengingatkan masyarakat Sumatera barat untuk selalau waspada dan berhati-hati,  karena saat ini potensi hujan  dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir, akan terus terjadi di wilayah Sumatera Barat beberapa hari kedepan.

Hal tersebut perlu dilakukan karena berdasarkan prakiraan akan terjadi peningkatan suhu udara dipermukaan laut yang mana ini adalah salah satu faktor pengendali dari pada cuaca dan iklim di wilayah Sumatera Barat. Menurut Heron, Musim Hujan di sebagian besar wilayah Sumatera barat diprediksi akan  berlangsung awal bulan September hingga November 2021 mendatang.

Peningkataan kewaspadaan diperlukan pada daerah-daerah yang diprediksi akan mendapatkan akumulasi curah hujan tinggi tersebut. Peningkatan cuaca ekstrim di beberapa wilayah Sumbar terutama memasuki awal bulan September ini, penyebabnya pada bulan September itu posisi matahari berada di atas khatulistiwa.

“Akibat perubahan cuaca tersebut berdampak timbulnya curah hujan yang tinggi, yang menyebabkan potensi terjadinya bencana terutma banjir dan longsor.

Untuk itu, Kepala BMKG Minangkabau Padang Heron Tarigan menghimbau kewaspadaan dan kesiapsiagaan bersama, baik pemerintah maupun masyarakat, dalam mencegah dan mengantisipasi dampak bencana yang mungkin terjadi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00