Wagub Sumbar : Banjir Padang Kejadian Berulang, Penyebabnya Masih Dicari

Wagub Sumbar Audy Jinaldy berbincang dengan warga terdampak banjir di Dadok Tunggul Hitam, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang (Foto : Biro Adpim).jpeg

KBRN, Padang: Bantuan tanggap darurat disalurkan BPBD Sumatera Barat pada warga terdampak banjir di Kota Padang, Kamis (19/8/2021). Batuan diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Mahyeldi Ansharullah pada warga di Anak Aie, dan Wakil Gubernur Audy Joinaldi pada warga di Kelurahan Dadok Tunggul Hitam. Bantuan yang disalurkan di antaranya, makanan siap saji, perlengkapan dapur umum, dan peralatan keluarga.

Saat penyerahan bantuan, Wakil Gubernur Audy Joinaldy mengatakan, banjir yang terjadi di daerah tersebut merupakan bencana berulang. Guna mengatasi persoalan itu akan dilihat penyebab yang berada di hulu sungai.

"Kita segera minta dinas terkait untuk menelusuri penyebabnya hingga ke hulu. Setelah penyebabnya diketahui, kita baru bisa carikan solusi," ujarnya di Padang, Kamis (19/8/2021).

Saat ini tindakan yang bisa dilakukan menurutnya adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah ke sungai. Dengan demikian penyumbatan akibat tumpukan sampah di saluran air dan sungai bisa diminimalkan sehingga potensi banjir dan genangan air juga bisa ditekan.

Sebelumnya, banjir melanda sejumlah titik di Kota Padang setelah hujan mengguyur sejak Rabu (18/8/2021) siang hingga malam. Lokasi terparah dilanda banjir yakni di kawasan ByPass Koto Tangah dan permukiman di sekitarnya, seperti di Kelurahan Sungai Sapih, Aie Pacah, Dadok Tunggul Hitam, dan Anak Aie.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00