Potensi Hujan Masih Terjadi Beberapa Hari Kedepan di Wilayah Sumatera Barat

bencana_1.jpg

KBRN, Padang : Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika BMKG Minangkabau memprediksi, curah hujan dengan intensitas sedang dan tinggi masih berpotensi terjadi di wilayah Sumatera Barat. Untuk itu masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan.

Berdasarkan pengamatan dari pos pantau hujan di beberapa titik di Kota Padang, Koordinator Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau Yudha Nugraha siang tadi mengatakan, memang telah terjadi hujan dengan kategori ekstrim. Beberapa kecamatan di Kota Padang mengalami musibah banjir.

“Ini kami melihat pemicu terjadinya banjir, hujan terjadi sejak sore hingga malam harinya,”ujar Yudha Nugraha, Kamis (19/08/2021).

Lebih lanjut Yudha Nugraha menjelaskan, hasil analisa dinamis dari atmosfir memang terdapat pola gangguan cuaca yang terjadi di wilayah samudera hindia yang berdekatan dengan Kepulauan Mentawai.  Selain itu juga terpantau adanya pola pertumbuhan atau pertemuan masa udara basah diwilayah pesisir barat Sumatera Barat hingga ke bagian tengah Sumatera. Hal ini akan menimbulkan adanya awan awan hujan

“Memang adanya pola pertumbuhan awan ini yang menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas tinggi di Kota Padang dan mengakibatkan banjir tadi malam,”tambah Yudha.

Koordinator Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau Yudha Nugraha menjelaskan, untuk potensi cuaca beberapa hari kedepan memang masih terjadi mulai dari sedang hingga lebat di wilayah Sumatera Barat. Untuk itu  masyarakat harus meningkatkan kewaspadaannya terutama yang tinggal di daerah rawan longsor dan banjir.

“Beberapa hari kedepan masih terjadi hujan sedang hingga lebat dan masyarakat harus lebih cerdas dalam menyikapi perubahan cuaca,”harap Yudha Nugraha.

Sementara itu terkait dengan kondisi diperairan barat Sumatera Barat Yudha Nugraha menjelaskan, hingga saat ini kondisi tinggi gelombang masih terpantau normal antara 0,5 hingga 1,25 meter di selat Mentawai. Kendatipun demikian para nelayan dan pekerja di laut harus tetap mencari informasi terkait dengan cuaca dari BMKG.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00