Hujan dan Angin Kencang Melanda, Waspada Gelombang Tinggi

BMKG Maritim Teluk Bayur .jpeg

KBRN,  Padang : Berdasar pengamatan dari BMKG Maritim Teluk Bayur, kondisi gelombang laut untuk saat ini normal. Namun terdapat potensi gelombang tinggi yang sifatnya masih lokal.

Prakirawan BMKG Maritim Teluk Bayur Budi Iman Samiaji mengatakan, berdasar infomrasi dari Badan Mateorologi Klimatologi Geofisika BMKG Minangkabau, terpantau kondisi cuaca di Sumatera Barat hingga beberapa hari kedepan, memang terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai angin kencang dengan durasi yang singkat. Terutama di daerah pesisir pantai Sumatera Barat.

Budi Iman Samiaji menjelaskan, sementara itu terkait dengan gelombang laut, BMKG Maritim Teluk Bayur memprediksi untuk saat ini masih dalam keadaan normal. Kendati demikian para pekerja di laut dan nelayan harus mewaspadai adanya potensi gelombang tinggi yang sifatnya masih lokal hampir mencapai 2 meter.

“Gelombang tinggi lokal ini biasanya beiringan kejadiannya dengan cuaca buruk. Ini biasanya terjadi sore hingga malam harinya,” ujar Budi Iman Samiaji, Selasa (10/08/2021).

Lebih lanjut Prakirawan BMKG Maritim Teluk Bayur Budi Iman Samiaji mengimbau dan berharap masyarakat yang beraktivitas di laut atau nelayan agar selalu meningkatkan kewaspadaan serta selalu mempersiapkan perlengkapan keselematan sebagai antisipasi kondisi terburuk.

“Kami tetap menghimbau masyarakat yang berkerja di laut, untuk selalu memantau perkembangan cuaca melalui BMKG. Jika kondisi cuaca buruk, urungkan saja untuk melaut,”harapannya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00