Warga Maligi Antusias Sambut Pangan Murah Dinas Ketahanan Pangan Pasbar

KBRN, Padang : Pangan Murah yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pasaman Barat kembali digelar di daerah akses sulit atau daerah terisolir.

Hal itu untuk memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan pangannya serta sebagai salah satu upaya untuk mengendalikan inflasi di Kabupaten Pasaman Barat.

Pasar pangan murah tersebut digelar di halaman kantor Wali Nagari Persiapan Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kamis (11/8/2022).

Tingginya sejumlah harga kebutuhan pokok saat ini, membuat pasar pangan murah tersebut diserbu warga Maligi.

Beberapa bahan pokok yang dijual oleh Dinas Ketahanan Pangan diantaranya adalah beras, minyak goreng, gula pasir, telur, bawang merah, bawang putih, kentang dan bahan lainnya yang menjadi kebutuhan utama masyarakat.

Kabid Ketersediaan dan Kerawanaan Pangan (KKP) Nenny Fauzana mengatakan kegiatan diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 tahun 2022.

Ia berharap, kegiatan yang dilakukan itu menjadi langkah awal dalam mensejahterakan masyarakat Pasbar melalui pemenuhan kebutuhan pangan masyarakatnya.

"Hari ini kami berada di Nagari Persiapan Maligi. Komoditi yang kami bawa merupakan komoditi strategis. Semoga ini menjadi langkah awal kita dalam mensejahterakan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat," kata Nenny Fauzana

Harga yang diberikan kepada masyarakat lanjut Nenny Fauzana, cukup terjangkau yakni dengan harga grosiran. Ia berharap, adanya pangan murah dapat membantu masyarakat terutama di daerah Maligi yang transportasinya cukup jauh dan sulit diakses.

"Akses jalan ini tentu mempengaruhi sekali dengan harga pangan ditingkat masyarakat," tambahnya.

Sementara Pj Wali Nagari Maligi Dendi Hardiman mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan yang telah menggelar pasar murah bagi masyarakatnya di Maligi.

Melihat antusias masyarakatnya itu, ia berharap Dinas Ketahanan Pangan dapat menggelar pasar pangan secara rutin.

Ia juga menambahkan akses jalan ke pasar utama Kecamatan Sasak Ranah Pasisie sangat jauh, dengan adanya pasar pangan masyarakatnya dapat terbantu.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Dinas Pangan yang telah melaksanakan giat pasar pangan pada hari ini. Kami lihat dari pagi hingga saat ini, masyarakatnya antusias datang untuk membeli kebutuhannya. Untuk itu kami berharap, pemerintah melalui dinas terkait dapat mengagendakan giat serupa secara berkala," ujar Dendi.

Selain itu Warga Maligi Gusman (46) menyatakan, pangan murah yang digelar telah membantu masyarakat terisolir seperti Nagari Persiapan Maligi. Ia juga berharap, permasalahan harga pangan yang melonjak dapat diatasi oleh Pemda melalui pasar pangan nurah yang dilakukan.

"Pangan murah seperti ini membantu masyarakat khususnya nagari tertinggal seperti Maligi. Sering-seringlah begini. Apalagi situasi harga pokok melonjak tinggi seperti gula 20 ribu, bawang sampai 100 ribu. Kalau bisa Pemda harus ambil bagian untuk menangani masalah pangan seperti saat ini. Kami sebagai masyarakat sangat mendukung," ungkap Gusman.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar