Puspaga Diharapkan Bisa Mencegah Permasalahan Anak

KBRN, Padang : Keberadaan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) sebagai tempat yang memberikan layanan pendampingan berupa edukasi, konsultasi, konseling dan lainnya diharapkan dapat merubah kondisi keluarga yang negatif menjadi positif dan lebih baik.

“Jadi Puspaga yang berhasil adalah Puspaga yang dapat mencegah anak tidak terjerat ke dalam permasalahan di sekitarnya,” ujar Kabid Pemenuhan Hak Anak DP3AP2KB Kota Padang W. Teinike Yulvera, Sabtu (2/7/2022) dikutip dari infopublik.id.

Ia menjelaskan, Puspaga sebagai penyedia layanan konsultasi dan konseling bagi keluarga sejalan dengan perannya untuk mewujudkan Kota Layak Anak.

Dimana sebuah kota layak anak harus mampu membuat seluruh anak merasa aman dan nyaman dimanapun berada.Namun kenyataannya, Puspaga sebagai perpanjangan tangan pemerintah tidak dapat bekerja sendiri mendampingi dan melindungi anak dengan baik karena keterbatasan jangkauan.

Oleh karena itu, pembangunan anak harus diupayakan secara bersama-sama oleh pemerintah, lembaga masyarakat, media dan dunia usaha.

“Puspaga harus mampu mencetak keluarga sebagai pelopor dan pelapor, sekaligus agen perubahan dalam pemenuhan hak anak serta perlindungan khusus anak demi mempercepat terwujudnya 24 indikator kota layak anak,” ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar