Program Internal Lapas dan Rutan

KBRN, Padang : Kondisi kejiwaan warga binaan pemasyarakatan sangat mempengaruhi kelangsungan kegiatan pembiinaan yang diselenggarakan lingkup pemasyarakatan. Dalam perbincangannya dengan RRI, Selasa, (17/5/2022),  Kepala Kanwil Kemenkum HAM Sumatera Barat, R. Andika Dwi Prasetya mengungkapkan, darti pihak lapas dan rutan pun sudah memiliki program yang mengarah pada upaya menciptakan suasana pemasyarakatan yang kondusif dan mendukung penyelenggaraan program.

Andika menyebutkan, dari lingkup internal pihaknya sudah menerapkan sistem pencatatan pembinaan  yang tujuannya tidak lain untuk mengetahui kondisi kejiwaan warga binaan. Selain sistem pencatatan juga dilakukan semacam penelitian oleh petugas bapas untuk mengetahui lebih detail kondisi fisik dan perkembangan mental wbp di lapas dan rutan.

Dari penelitian dan sistem pencatatan tersebut diketahui harpaan atau pun target yang ingin dicapai wbp saat mereka mendapatkan pembinaan dari petugas di lingkup pemasyarakatan.

Dikatakan, pihaknya terus mendororng lapas dan rutan secara rutin melakukan pemeriksaan kejiwaan warga binaan dengan harapan upaya yang dilakukan tidak semata mengetahui perkembangan fisik dan mental yang bersangkutan, namun lebih pada keinginan menjadikan mereka sebagai sosok tangguh dengan  konsep kemandirian yang sejatinya dijadikan  bekal saat menjalani kehidupan di luar lingkup pemasyarakatan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar