Posyandu, Pelayanan Kesehatan Bagi Ibu, Bayi dan Balita

KBRN, Padang : Guna memberikan pelayanan kesehatan bagi Ibu, Bayi dan Balita, Kelurahan Kampung Pondok Kecamaan Padang Barat Kota Padang pagi tadi menggelar pelayanan Posyandu terpadu yang dipusatkan di komplek Pasar Tanah Kongsi Kelurahan setempat.

Kepada RRI Lurah Kampung Pondok Kecamatan Padang Barat Kota Padang Eka Saputra mengatakan, Posyandu merupakan jenis pelayanan kepada anak berupa penimbangan yang bertujuan untuk memantau pertumbuhan anak. Lebih lanjut Eka Saputra menjelaskan, Pos Pelayanan Terpadu atau Posyandu adalah salah bentuk fasilitas kesehatan yang diutamakan untuk ibu dan anak, khususnya balita. Posyandu menjadi perpanjangan tangan dari Puskesmas untuk memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu.

Kegiatan yang dilaksanakan dapat berupa imunisasi, pendidikan gizi, serta pelayanan kesehatan ibu dan anak. Penyelenggaraannya dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat dengan dibantu petugas kesehatan.

“Kita sengaja mengadakan Posyandu ini di komplek pasar tanah kongsi ini, agar kegiatan tersebut memotivasi masyarakat untuk dapat membawa anak anak mereka ke Posyandu ini,”ujar Eka Saputra, Selasa (17/05/2022).

Lebih lanjut Lurah Kampung Pondok Eka Saputra menambahkan, kegiatan serupa akan terus dilaksanakan setiap bulannya. Sementara itu dari hasil monitoring yang dilakukan, kondisi ibu, bayi dan balita yang datang ke Posyandu tersebut dalam keadaan sehat.

“Alhamdullah ibu, bayi dan balita yang datang ke Posyandu ini seluruhnya dalam sehat, kita kedepan akan fokus lagi peningkatan imunitas dan vitaminnya,”tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar