105 Pelaku IKM Kota Pariaman Terima Bantuan Sarana dan Prasarana Usaha

KBRN, Padang : Sebanyak 105 Industri Kecil Menengah (IKM)  kerajinan bordir, rajutan dan sulaman timbul di Kota Pariaman menerima bantuan sarana dan prasana usaha. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Walikota Pariaman Genius Umar di Balairung Rumah Dinas Walikota Pariaman, Rabu (26/1/2022).

"Industri kecil dan menengah merupakan salah satu potensi ekonomi yang sangat besar. Saat ini jumlah IKM di Kota Pariaman cukup banyak namun hari ini yang menerima bantuan hanya 105 IKM. Nantinya akan kita lakukan data ulang bagi yang belum menerima bantuan dan  diusulkan untuk menerima bantuan selanjutnya," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar.

Menurutnya, berdasarkan pemantauan dan evaluasi Pemko Pariaman melalui  Dinas Perindustriaan Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Perindagkop & UKM)  Kota Pariaman, masih banyak para pelaku IKM sektor kerajinan di Kota Pariaman yang belum memiliki sarana usaha yang memadai terutama pada IKM yang kurang mampu dalam permodalan.

"Hari ini merekalah yang kita prioritaskan mendapatkan bantuan sarana dan prasarana usaha. Bantuan yang diberikan berupa mesin jahit bordir, mesin jahit biasa, bahan baku bordir, bahan baku rajutan dan bahan baku sulaman timbul," katanya.

Bantuan yang bersumber dari APBD Kota Pariaman berupa sarana dan prasarana usaha diberikan kepada 105 IKM yang terdiri dari 18 IKM mendapatkan mesin jahit bordir, 27 IKM mendapatkan mesin jahit biasa, 30 IKM mendapatkan bahan baku bordir, 15 IKM mendapatkan bahan baku rajutan dan 15 IKM mendapatkan bahan baku sulaman timbul.

“Kita juga menginstruksikan kepada Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman untuk dapat menampung dan membuat sentral industri untuk pemasaran pengrajin di Kota Pariaman," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar