Pemko Padang akan Wajibkan Pelajar SD dan SMP Hafal 1 Juz Alquran

KBRN, Padang : Pemerintah Kota Padang akan mewajibkan pelajar sekolah dasar dan sekolah menengah pertama menghapal minimal satu juz al-quran saat menamatkan pendidikan.

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, saat ini banyak pelajar yang tidak mampu membaca alquran dengan baik dan benar. Berangkat dari kondisi tersebut, Pemerintah Kota Padang akan meluncurkan program wajib hafal satu juz alquran minimal juz 30 saat tamat dari tingkat SD maupun SMP pada tahun ini.

"Kasian kita kalau terus membiarkan anak-anak kita tidak pandai membaca alquran," katanya saat kegiatan Musrenbang RKPD Kecamatan Padang Timur tahun 2023 di salah satu hotel di Padang, Selasa (25/1/2022).

Hendri menyampaikan, pihaknya sedang mematangkan konsep program dimaksud bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Padang. Selain itu diharapkan dukungan dari pemangku kepentingan seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang, Kantor Kementerian Agama,  dan DPRD Padang.

"Terutama dukungan dari orangtua agar program ini dapat kita wujudkan dalam tahun ini," ujarnya.

Hendri menjelaskan, program menghafal alquran ini dilaksanakan untuk mewujudkan Padang menjadi kota yang religius serta dapat melahirkan para penghafal alquran.

"Program ini tidak akan memberatkan para pelajar. Sebab ada waktu yang cukup panjang bagi pelajar untuk dapat menghapal ayat alquran selama di bangku sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Setidaknya mereka bisa bervariasi membaca ayat saat salat," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar