2021 LPA Sumbar Tangani 87 Kasus Kekerasan Terhadap Anak

KBRN, Padang : Pada tahun 2021, kasus yang masuk ke Lembaga Perlindungan Anak LPA Sumatera Barat sebanyak 87 kasus. Pada umumnya kasus terkait dengan penelantaran anak oleh pihak keluarganya.

Hal tersebut disampaikan Ketua Lembaga Perlindungan Anak LPA Sumatera Barat Ery Gusman Awal, SH,MH kepada RRI. Dijelaskan Ery Gusman, banyaknya kasus tersebut, disebabkan masyarakat saat ini sudah mulai berani melaporkan kasus kekerasan terhadap anak kepada pihak terkait. Menurutnya, selama ini masyarakat takut untuk melaporkan kepada pihak terkait. Ery Gusman menjelaskan, pihaknya terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dalam setiap kesempatan.

“Memang saat ini sudah ada yang berani melaporkannya, sehingga kasus kasus yang selama ini di diamkan, kini sudah terbongkar. Artinya Edukasi dan sosialisai yang kita lakukan selama ini terlihat ada hasilnya,”ujar Ery Gusman Awal, Selasa (25/01/2022).

Lebih lanjut Ketua LPA Sumatera Barat Ery Gusman Awal menjelaskan, ditahun 2021, kasus kekerasan anak yang dilaporkan ke LPA berjumlah 87 kasus dan 60 persennya sudah selesai dikerjakan. Pada umumnya kasus yang sering terjadi yakni kasus penelantaran oleh keluarganya.

“Sebetulnya kasus itu banyak, namun yang kita terima dari masyarakat hanya 87 kasus. Dari jumlah itu 60 persen sudah diselesaikan. Pada umumnya, kasus terkait anak yang ditelantarkan oleh keluarganya,”tambah Ery.

Untuk itu pihaknya  akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, sehingga tidak akan muncul lagi adanya kasus kasus kekerasan yang dialami oleh si anak. Dijelaskan Ery, pihaknya sering mengalami kendala terhadap saksi jika satu kasus dimunculkan.

 “Kita sering mengalami kendala, ketika satu kasus kuta munculkan atau kita angkat, untuk orang yang dapat dijadikan saksi itu sering menjadi hambatan kita,”tutup.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar