Pembangunan Sentra Sapi Perah di Padang Gagal Terwujud Tahun Ini

KBRN, Padang : Sentra Sapi Perah yang digadang-gadang bakal ada di Kota Padang gagal terwujud pada tahun ini. Sebab Pembangunan Sentra Sapi Perah tidak mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat.

"Pembangunan sentra sapi perah di kawasan Taman Hutan Raya Bung Hatta tidak dapat terwujud pada tahun ini," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat, Kamis (20/1/2022).

Menurut Syahrial Kamat, Pemerintah Kota Padang diminta pemerintah pusat untuk menyediakan sendiri tempat berserta sarana dan prasarana sentra sapi perah. Sebab pemerintah pusat hanya mambantu menyediakan indukan sapi perah.

"Dari awal pembicaraan kita dengan Kementerian Pertanian tidak ada kita yang membangun tempat. Namun ternyata hanya sapi indukan yang dibantu," ujarnya.

Syahrial menyampaikan dengan gagalnya pembangunan sentra sapi perah di Tahura, Pemerintah Kota Padang baru akan mengganggarkan pembelian lahan pada APBD Perubahan 2022. Sehingga proses pembangunan baru dapat dilaksanakan secara bertahap pada 2023 mendatang.

"Setidaknya dibutuhkan Rp2 hingga 3 miliar guna pembelian lahan yang direncanakan di kawasan Sungkai Lambuang Bukik atau di Koto Tangah. Kemudian secara bertahap, baru dilakukan pembangunan serta fasilitas yang dibutuhkan," katanya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat mengungkapkan, Pemerintah Kota Padang bertekad dapat memiliki sentra sapi perah, karena melihat potensi pangsa pasar penjualan susu sapi segar di Kota Padang terbuka lebar. 

"Hingga saat ini Kebutuhan susu sapi segar belum dapat terpenuhi," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar