Semangat "Sabiduak Sadayuang" Membangun Daerah

KBRN, Padang : Makna lambang Kota Pariaman yakni "Sabiduak Sadayuang" tercermin dari berbagai aktivitas masyarakatnya. Begitu juga dalam membangun daerah bersama Pemerintah Kota Pariaman, yang juga diibaratkan dengan nilai rasa gotong royong.

"Masyarakat Kota Pariaman lebih mementingkan kepentingan bersama (umum), dibandingkan kepentingan pribadi, yang dapat kita jumpai dari berbagai aktivitas masyarakatnya, seperti badoncek/badantam dalam pesta pernikahan, penyelenggaraan jenazah, membangun rumah ibadah, membangun fasilitas umum dan lain sebagainya," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Selasa (19/10/2021) siang, saat meninjau pelaksanaan pembukaan jalan Waterfront City wilayah Kecamatan Pariaman Selatan, di Desa Batang Tajongkek.

Genius mengatakan, dalam setiap membangun wilayah, selalu melibatkan tokoh masyarakat, niniak mamak dan pemangku adat. Hal ini bertujuan menciptakan nilai kepedulian terhadap sanak kemenakannya yang berdomisili disekitar area lokasi pembangunan yang kita bangun.

"Contohnya saja, membangun membuka jalan untuk waterfront city disepanjang aliran Sungai Batang Mangau ini, kita rangkul semua tokoh masyarakat dan niniak mamak dalam wilayah Kurai Taji ini, kita libatkan langsung tokoh masyarakat dalam setiap kegiatan," ujar Genius.

Bahkan, kata Genius, salah satunya yakni Bapak H. Hermansyah KR, seorang pengusaha di Jakarta yang merupakan pribumi Desa Batang Tajongkek ini sengaja pulang kampung ketika mengetahui ada pembangunan di kampung.

"Kita ucapkan terima kasih atas dukungan dari para tokoh masyarakat, niniak mamak, kepala desa dan perangkatnya atas dukungan dalam pembangunan kawasan Waterfornt City ini. Kepada perantau yang berasal dari Kota Pariaman juga kita harapkan untuk terus mendukung juga agar kita mampu wujudkan Kota Pariaman yang indah, dan memiliki dampak pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00