Pandemi Tidak Menurunkan Minat Masyarakat Sumbar Dalam Berzakat

KBRN, Padang : Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumatera Barat mencatat, capaian zakat telah melebihi dari target di  tahun 2021. Ketua Baznas Sumatera Barat Bachri mengungkapkan untuk tahun ini, pihaknya memiliki target penerimaan sebanyak 27 miliar. Hingga saat ini atau menjelang akhir tahun ini pengumpulan sudah hampir mencapai 37 miliar. Hal ini menandakan,  pandemi covid-19 tidak menyurutkan keinginan masyarakat untuk berzakat. Namun yang terjadi sebakiknya melainkan semakin tinggi kesadaran masyarakat untuk menyisihkan sebagian hartanya agar dapat berzakat.

Selain itu Bachri mengatakan untuk saat ini, beragam inovasi dilakukan dalam rangka pengelolaan dan pendistribusian zakat dimasa pandemi covid-19. Diantaranya, Baznas Sumatera Barat mencari para penerima zakat secara online dan diberikan melalui nomor rekening penerima, sehingga tidak lagi berkerumunan dan pemberian zakat tetap dapat berlanjut meski di tengah pandemic.

“Justru Pandemi tidak menurunkan minat masyarakat dalam berzakat. Ini terlihat dari capaian target zakat Sumatera Barat dari 27 milliar rupiah sampai saat ini telah mencapai 37 milliar rupiah,” ucap Bachri (Selasa, 19/10/2021).

Selain itu, Ketua Baznas Sumatera Barat Bachri menambahkan untuk kedepan, amil zakat akan bergerak lebih aktif dalam rangka mencari warga yang berhak menerima zakat tanpa harus menunggu laporan atau warga yang datang. Sehingga, capaian realisasi zakat ke tengah masyarakat semakin luas dan tepat sasaran.

Bachri menyebut ada lima program dalam pemberian dana baznas akan tetap jadi prioritas yaitu di bidang ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, kesehatan serta advokasi dan dakwah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00