Puskesmas Andalas Padang Bagikan Obat Cacing untuk Siswa SD

KBRN, Padang :  Puskesmas Andalas Kecamatan Padang Timur menggelar kegiatan pembagian obat cacing pada siswa Sekolah Dasar (SD).

Kali ini tim kesehatan Puskesmas Andalas mengunjungi dan membagikan obat cacing kepada para siswa yag bersekolah di SD 06 dan 09 Kelurahan Parak Gadang, Kecamatan Padang Timur.

Kepala Puskesmas Andalas dr Mela Aryati yang diwakili oleh dr Pratiwi menjelaskan, kegiatan ini merupakan program rutin yang dilaksanakan dua kali dalam setahun, yang waktunya disesuaikan dengan jadwal pemberian vitamin A, yakni bulan Febuari dan Agustus.

"Sesuai panduan WHO, guna mencegah cacingan, anak-anak yang berumur di atas dua tahun dan orang dewasa diberikan obat cacing dua kali dalam setahun," ujar Pratiwi, Sabtu (13/8/2022) dikutip dari infopublik.id.

Wanita yang biasa dipanggil Tiwi ini menjelaskan, cacingan dapat mengakibatkan gangguan penyerapan, gangguan pencernaan yang berdampak pada gangguan pertumbuhan.

"Zat gizi tidak dapat diserap oleh tubuh, akibatnya anak bisa kekurangan zat besi (anemia), diare dan radang usus, serta tidak terpenuhinya nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehingga mengganggu tumbuh kembang anak," ujarnya.

Tiwi menjelaskan, faktor utama penyebab cacingan adalah kondisi sanitasi dan kebersihan lingkungan yang tidak sesuai standar, juga anak-anak yang sering bermain di tanah

"Salah satu upaya mencegah cacingan adalah menjaga kebersihan lingkungan, sanitasi, serta membiasakan anak mencuci tangan setiap selesai bermain," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar