Penanganan Kesehatan Harus Dilakukan Secara Komprehensif

KBRN, Padang : Camat Padang Selatan Jasman mengatakan, penanganan kesehatan masyarakat harus dilakukan secara komprehensif (menyeluruh).

Menurut Jasman, permasalahan kesehatan disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari faktor ekonomi, tingkat pendidikan hingga kesadaran masyarakat akan kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka kegiatan Lokakarya Mini (Lokmin) Puskesmas se Kecamatan Padang Selatan.

"Penanganan kesehatan masyarakat tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah maupun tenaga kesehatan saja, karena masalah kesehatan disebabkan oleh banyak faktor termasuk kebiasaan masyarakat itu sendiri," ujar Jasman, Jumat (24/6/2022) dikutip dari infopublik.id.

Untuk itu, lanjut Jasman, pentingnya dilakukan Lokmin, sehingga masing-masing Puskesmas dapat memaparkan kondisi Padang Selatan dilihat dari sektor kesehatan, kemudian kendala dan bagaimana lintas sektor harus ikut berperan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Selain itu melalui Lokmin juga dapat diukur kemajuan yang telah dicapai selama tiga bulan, serta mentukan progres untuk tiga bulan selanjutnya, sekaligus melihat dimana kendala yang dialami dalam upaya mewujudkan warga Padang Selatan menjadi warga yang sehat.

Kegiatan Lokmin Lintas Sektor ini diikuti oleh Tiga Puskesmas yang ada di wilayah Kecamatan Padang Selatan yakni Puskesmas Rawang, Puskesmas Seberang Padang dan Puskesmas Pemancungan.

Masing-masing Kepala Puskesmas memaparkan program serta capaian program selama triwulan terakhir, sekaligus upaya-upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan taraf kesehatan warga.

Pada akhir kegiatan, tiga puskesmas dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Padang Selatan berkomitmen untuk mendukung capaian vaksinask campak dan bersama-sama menurunkan angka Stunting. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar