Kondisi yang Sebabkan Radang Tenggorokan pada Anak

KBRN, Padang : Ketika anak mengeluh nyeri saat berbicara atau menelan makanan, mungkin ia mengalami radang tenggorokan. Umumnya, masalah kesehatan ini muncul karena adanya peradangan pada bagian tenggorokan. Akibatnya, anak pun merasa tidak nyaman, kering, dan nyeri pada tenggorokan. 

Radang tenggorokan anak sendiri bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari tanda adanya masalah kesehatan tertentu sampai infeksi yang terjadi karena bakteri maupun virus. Inilah mengapa, ibu dan ayah perlu mengetahui apa saja kondisi yang bisa menyebabkan radang tenggorokan pada Si Kecil. Dengan demikian, bisa dilakukan penanganan secara tepat untuk mencegah komplikasi. 

Kondisi yang Menyebabkan Radang Tenggorokan Anak

Apakah anak sedang mengalami radang tenggorokan? Beberapa kondisi berikut ini bisa jadi penyebabnya:

  1. Flu

Flu atau influenza terjadi karena infeksi virus. Selain demam, gejala lain yang muncul saat anak mengalami flu adalah sakit kepala, hidung tersumbat, bersin-bersin, dan radang tenggorokan. Selain flu, sakit tenggorokan juga bisa mengindikasikan masalah infeksi virus lainnya, tak terkecuali corona. 

  1. Alergi

Alergi juga bisa menjadi penyebab radang tenggorokan anak. Masalah kesehatan ini terjadi ketika ada alergen atau zat asing masuk dan menginfeksi saluran pernapasan anak sehingga memicu munculnya gejala.

  1. Infeksi Bakteri

Lalu, kondisi lainnya adalah infeksi bakteri. Tidak banyak yang tahu kalau ada beberapa jenis bakteri yang dapat menyebabkan radang tenggorokan pada anak, salah satunya adalah bakteri Streptococcus pyogenes yang mengakibatkan strep throat.

  1. Konsumsi Makanan Tertentu

Jenis makanan tertentu pun dapat memicu rasa sakit di tenggorokan yang berujung terjadinya peradangan. Biasanya, makanan yang dimaksud adalah makanan berminyak atau terlalu pedas. Jika anak sedang mengalami radang tenggorokan, sebaiknya kurangi asupan makanan tersebut.

  1. Iritasi

Iritasi yang terjadi pada anak kerap disebabkan karena paparan polusi udara dari luar. Kondisi ini bisa mengakibatkan anak mengalami sakit pada tenggorokan. Tak hanya itu, paparan asap rokok pun turut memicu masalah kesehatan tersebut. 

  1. Udara yang Kering

Udara kering dapat menyebabkan tenggorokan terasa gatal dan tidak nyaman. Jika ini terjadi, pastikan ibu memenuhi asupan cairan harian Si Kecil. Hindari konsumsi minuman dengan gula tinggi atau soda karena bisa membuat sakit tenggorokan semakin memburuk.

Masalah radang tenggorokan anak yang terjadi karena gejala kesehatan tertentu seharusnya tidak dibiarkan dan segera diberikan penanganan. Jadi, risiko munculnya komplikasi yang lebih buruk bisa dicegah. Jika sakit pada tenggorokan tidak kunjung membaik atau justru semakin memburuk, sebaiknya ibu segera tanyakan pada dokter penanganan medis yang tepat.

Supaya bisa mengetahui tingkat keparahan radang tenggorokan yang dialami Si Kecil, ibu bisa mencoba memberikan air putih hangat setiap pagi setelah bangun tidur. Apabila sang buah hati masih mengeluhkan rasa sakit pada tenggorokan setelah mengonsumsi air putih, tandanya pemeriksaan harus segera dilakukan. 

@halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar