Penyebab Muntah Darah yang Perlu Diwaspadai

KBRN, Padang : Muntah darah atau juga dikenal dengan hematemesis, merujuk pada sejumlah besar darah dalam muntahan kamu. Kamu bisa memuntahkan isi lambung yang bercampur darah atau hanya darah saja.

Muntah darah memang terlihat mengerikan dan bisa membuat siapa saja yang mengalaminya menjadi khawatir. Namun, kondisi tersebut sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Terkadang, muntah darah bisa disebabkan karena ada darah yang tidak sengaja tertelan. Misalnya, dari mimisan atau cedera mulut. Namun, muntah darah biasanya benar-benar disebabkan oleh sesuatu yang lebih serius dan memerlukan perhatian medis segera. 

Penyebab Muntah Darah yang Perlu Diwaspadai

Bila kamu mengalami muntah darah, hal itu berarti ada perdarahan di suatu tempat di saluran makanan kamu, perut atau bagian pertama dari usus kecil kamu (duodenum). Berikut adalah penyebab muntah darah yang umum yang perlu diwaspadai:

  1. Tukak Lambung atau Gastritis parah

Bila kamu muntah darah dan juga mengalami rasa sakit dengan sensasi seperti terbakar di perut (lambung), kemungkinan besar penyebabnya adalah tukak lambung atau peradangan parah pada lapisan lambung (gastritis). Nah, muntah darah terjadi ketika bisul atau peradangan pada lambung merusak arteri dan menyebabkan perdarahan.

  1. Varises Esofagus

Varises esofagus adalah pembesaran vena di bagian bawah saluran makanan (esofagus). Kondisi tersebut bisa menyebabkan perdarahan, tapi biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Varises esofagus sering disebabkan oleh penyakit hati terkait alkohol. Bila penyebab muntah darah yang kamu alami adalah varises esofagus, kamu harus segera dirawat di rumah sakit.

  1. GERD yang Parah

Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau penyakit asam lambung adalah kondisi ketika asam lambung naik kembali kerongkongan. Bila kamu mengidap GERD yang parah, asam lambung bisa mengiritasi lapisan kerongkongan dan menyebabkan perdarahan.

  1. Robeknya Kerongkongan

Muntah yang berkepanjangan bisa merobek lapisan kerongkonganmu yang bisa menyebabkan perdarahan, sehingga kamu akan mengalami muntah darah.

Selain itu, ada juga penyebab muntah darah lainnya yang lebih jarang terjadi tapi tetap perlu diwaspadai:

  1. Menelan Racun

Menelan racun, seperti asam korosif atau arsenik, bisa menyebabkan muntah darah.

  1. Kondisi Darah Tertentu

Berkurangnya jumlah trombosit dalam darah (trombositopenia), leukemia, hemofilia, atau anemia, bisa menimbulkan gejala berupa muntah darah.

  1. Kanker Kerongkongan atau Kanker Perut

Jenis kanker ini jarang terjadi. Namun, bila kamu berusia di atas 55 tahun, mengalami muntah darah dan kehilangan banyak berat badan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Pasalnya, muntah darah yang kamu alami bisa saja disebabkan oleh kanker kerongkongan atau perut.

@halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar