Musim  Hujan, Warga Diminta Juga Waspadai  Malaria

KBRN, Padang : Masyarakat diminta untuk mengenali gejala penyakit yang dirasakan tubuh. Tidak sedikit masyarakat yang mengabaikan penyakit lain karena perhatian public sekarang ini umumnya terfokus pada capaian target vaksinasi dan penanganan Covid-19.

Kepala Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang dokter Sari Ramadhani mengatakan, jika dilihat dari gejala penyakit malaria tidak jauh beda dengan Covid-19, sehingga masyarakat pun mesti mengenali perubahan yang terjadi pada tubuh masing-masing.

Untuk wilayah Lubuk Buaya, tim medis tetap membuka ruang konsultasi bagi masyarakat untuk ragam penyakit yang dikeluhkan termasuk gejala awal yang dirasakan pasien. Bermacam penyakit ditangani tim medis, termasuk kasus malaria yang untuk wilayah Sumatera Barat jumlahnya relative rendah.

“Musim penghujan masih bapotensi di Kota Padang sampai akhir tahun 2021, Untuk itu, kami meminta masyarakat waspadai berbagai penyakit dimusim penghujan, salah satunya malaria, karena gelaja yang dimiliki, sama dengan gejala pasien covid-19,” ucap dr Sari Ramadhani (Sabtu, 27/11/2021).

Dengan kondisi itu, dokter Sari Ramadhani mengimbau masyarakat harus berhati-hati karena gejalanya tidak jauh beda dengan pasien terpapar Covid-19. Bedanya hanya pada indera pengecapan dan penciuman. Untuk mencegah penyebaran penyakit malaria diminta masyarakat melakukan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan kebersihan lingkungan sekitar akibat bekas genangan air hujan tersebut.

dokter Sari Ramadhani menambahkan pada beberapa kasus ditemui, awalnya pasien mengalami gejala Malaria, namun berikutnya berkembang dan dinyatakan positif Covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar