Puskesmas Seberang Padang Buka Pelayanan MKJP

KBRN, Padang : Puskesmas Seberang Padang, Kecamatan Padang Selatan membuka pelayanan Metoda Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 34 orang peserta KB yang ada di Kecamatan Padang Selatan, Kamis (16/9/2021).

Kepala Puskesmas Seberang Padang dr Desi Susanti yang didampingi koordinator lapangan DP3AP2KB Padang Selatan Reno menjelaskan, MKJP merupakan pelayanan KB yang bertujuan mengatur dan merencanakan jarak kehamilan.

"MKJP bertujuan mencegah kehamilan jarak dekat, karena kehamilan jarak dekat memiliki resiko tinggi baik terhadap ibu maupun bayi," ujar Desi.

Desi menjelaskan, asupan gizi yang kurang, nutrisi ibu dan anak tidak mencukupi merupakan sebagian resiko yang dapat terjadi pada kehamilan jarak dekat.

Dampak yang lebih besar adalah terjadinya Stunting (gagal tumbuh) pada si anak, hingga beresiko menyebabkan kematian ibu dan anak.

"Jadi melalui MKJP kita juga berupaya menekan angka kematian ibu dan anak, serta salah satu upaya mencegah terjadinya Stunting pada anak," imbuh Desi.

Untuk MKJP dapat dilakukan melalui implan maupun spiral, yang dapat dipakai untuk jangka panjang, sementara metode suntik atau pil untuk jangka pendek karena bertahan selama tiga bulan. (rel)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00