AMPERA dan RRI Padang Realisasikan Pendistribusian Bantuan Tepat Sasaran

KBRN, Padang : Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Rantau   - AMPERA Sumatera Barat bekerjsama dengan RRI Padang  menggagas Program BST Pulihkan Ekonomi Indonesia. Dalam perbincangannya denganRRI,Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Sumatra Barat, Suyanto, Selasa,  (23/02/2021)  mengatakan,  Bantuan Sosial Tunai - BST berlatar belakang pandemi Covid-19 yang  secara global menggerus ekonomi masyarakat. Hal itu terjadi hampir pada semua lini kehidupan baik di tingkat pusat, provinsi bahkan sampai ke tingkat  kabupaten dan kota.

Dengan adanya kerjasama yang digagas bersama, anggaran yang tersedia dapat dialokasikan kepada masyarakat berupa bantuan tunai sehingga secara  finansial dapat membantu kesulitan masyarakat di masa pandemi ini.

“ Kebutuhan dasar masyarakat dapat dipenuhi dan  sepanjang  tahun 2020, alokasi bansos nilainya  mencapai 215 milyar rupiah,” paparnya kepada RRI.

Sartono selaku Kepala Kantor Pos Cabang Padang menambahkan, ada tiga macam bantuan sosial yang dialokasikan nantinya yakni  bansos dari Kota Padang, bansos  dari pemprov Sumatera Barat  dan BST  dari Kemensos RI.

"Karena masih dalam suasana pandemi, bantuan disalurkan  secara door to door. Hal itu sesuai dengan  arahan dari Pemko Padang,” ungkap Sartono.

Sementara itu,  Harry Efendy Iskandar selaku dari  akademisi memberikan  apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung program BST tersebut dengan harapan,   penerima bantuan adalah orang-orang yang tepat sasaran, sesuai datang yang dihimpun di lapangan.

Tidak ajuh beda dengan pernyataan yang disampaikan pengamat sosial, Agus kepada RRI kemarin. Tidak sedikit pendistribusian bantuan sosial yang tidak mengenai sasaran hingga perlu memastikan data dan mengevaluasinya sehingga tidak terjadi keteledoran yang merugikan pihak lain, khususnya masyarakat yang membutuhkan bantuan  namun terpinggirkan karena  penghimpunan data yang tidak akurat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00