Pemko Padang, Siapkan 4 Rumah Sakit Rujukan Vaksinasi

KBRN, Padang :  Kekhawatiran efek gangguan tubuh pasca divaksin menjadi alasan masyarakat sehingga masih ragu untuk menerima suntikan.  Menyikapi hal itu, Dinas Kesehatan Kota Padang memastikan ke masyarakat agar tidak mengedepankan ketakutan. Sebab, sampai saat ini belum ada efek serius pasca vaksinasi di Kota Padang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Fery Mulyani, usai penyuntikan tahap pertama di Kota Padang, pagi tadi mengatakan, telah disediakan empat rumah sakit rujukan terhadap penerima vaksin yang mengalami efek serius setelah disuntik. Empat rumah sakit dimaksud yakni, Rumah Sakit M Djamil, Rumah Sakit Doktor Rekso Diwiryo, Rumah Sakit Bhayangkara, dan RSUD dr. Rasidin.

“ Kita telah menyiapkan 4 rumah sakit rujukan bagi masyarakat  yang  mengalami gejala lain setelah mendapat vaksin covid 19 tersebut. Masyarakat nanti bisa datang ke rumah sakit tersebut sesuai dengan jadwal pelayanannya,”ujar Feri Mulyani, Jum’at (15/01/2021).

Ferry Mulyani mengungkapkan, pada tahap pertama, Kota Padang menerima vaksin sebanyak 18 ribu dosis lebih. Jumlah tenaga kesehatan yang sudah terdaftar dalam  sistim informasi SDM Dinas Kesehatan sebanyak 9 ribu 128 orang yang siap untuk divaksin tahap pertama periode Januari hingga Maret 2021. Masing masing tenaga kesehatan mendapatkan dua kali vaksin.

Fery Menambahkan, vaksin merek Sinovac ini berasal dari China dan telah mendapatkan izin dari BPOM dan MUI terkait dengan kehalalannya. Vaksin ini diyakini memiliki efikasi atau kemanjuran 65 koma 3 persen. Masyarakat diimbau ikut berpartispasi dalam vaksinasi untuk menggurangi jumlah orang yang terinfeksi Covid 19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00