Kedisiplinan Menerapkan Prokes Pada Liburan Penghujung Tahun 2020

KBRN, Padang : Dinas Pariwisata Sumatera Barat mengimbau unit-unit kepariwisataan di daerah tetap menjalankan kedisiplinan terhadap  protokol kesehatan. Di masa pandemi ini, tidak ada alasan bagi unit-unit strategis tersebut seperti hotel, restoran dan objek wisata melalaikan protokol kesehatan yang akibatnya menambah panjang daftar masyarakat tertular Covid-19.

Kepada RRI, Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Novrial siang tadi menegaskan, dari pihaknya  terus melakukan konsolidasi untuk optimalnya koordinasi ke lingkup kabupaten dan kota selaku pihak penyelenggarakan kegiatan kepariwisataan di masa pandemi ini.

“Kita terus mengawasi dan memantau pelaksanaan Perda Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru di semua objek wisata  atau pun destinasi lainnya di Sumatera Barat, “ungkap Novrial, Senin, (30/11/2020).

Lebih lanjut  Novrial menuturkan,  jika menilik  perayaan tahun baru sebelumnya, beberapa daerah kabupaten dan kota di Sumatera Barat   mengeluarkan edaran  untuk tidak merayakan tahun baru. Kebijakan tersebut berlatar belakang adat dan budaya daerah yang menjadi pertimbangan bupati dan walikota meniadakan perayaan momen pergantian akhir tahun dimaksud.

Dari segi  pengawasan, hal tersebut jelas Novrial  membantu pemerintah dalam memutuskan rantai penularan Covid-19 yang  umumnya terjadi pada momen keramaian  tertentu, seperti halnya perayaan akhir tahun yang mendatangkan orang dari  berbagai daerah. Dalam  kondisi tersebut, penerapan prokes cenderung terabaikan kerena sebagian larut dalam suasana kegembiraan dan sulit tentunya bagi petugas  mengontrol secara keseluruhan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00