Penanganan Covid-19 di RSUD dr Rasidin Telah Habiskan Rp15 M

KBRN, Padang :  Tujuh bulan RSUD dr Rasidin Kota Padang beroperasi sebagai rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 telah menghabiskan anggaran belasan miliar rupiah. Anggaran yang dikucurkan itu berasal dari APBD Kota Padang.

"Setidaknya Rp15 miliar ebih anggaran telah dipakai untuk penanganan Covid-19," Kata Direktur RSUD dr Rasidin Herlin Sridiani saat diseminasi informasi yang digelar Diskominfo Kota Padang, Jumat (9/10/2020).

Menurutnya, anggaran itu bersumber dari Belanja Tidak Terduga (BTT) yang digunakan untuk persiapan ruangan, penambahan fasilitas, penambahan alat kesehatan, alat pelindung diri tenaga kesehatan, dan kebutuhan pasien. 

"Jumlah tersebut akan terus bertambah, karena pasien Covid-19 hingga saat ini terus meningkat," sebutnya.

Sementara itu, untuk biaya perawatan pasien dibiayai oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Dengan cara mengajukan klaim ke Kemenkes, tetapi sebelumnya diverifikasi BPJS tentang kelengkapan data.

"Sampai saat ini, dari 574 pasien yang telah di rawat RSUD baru satu per tiga pasien yang diklaim ke Kemenkes," sebutnya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya hanya menerima pasien dari Kota Padang. Hal itu dikarenakan, penambahan pasien Covid-19 dari Kota Padang jumlahnya cukup banyak setiap hari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00