Kasus Positif Melonjak Tajam, Pemprov Sumbar Buka Kembali Lokasi Karantina

KBRN Padang : Angka penularan Covid 19 di Sumatera Barat (Sumbar) kian meningkat tajam. 70, 80, bahkan 90 penambahan positif per harinya. Dengan kondisi itu, Pemerintah Provinsi Sumbar memastikan membuka kembali pusat karantina untuk menampung pasien positif Covid 19 kategori ringan.

Dalam dialog di RRI Padang, Selasa pagi (1/9/2020), Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, dalam penanganan pandemi, sebelumnya dibuka 9 titik lokasi karantina. Seiring dengan menurunnya kasus positif, pada bulan Juli lokasi itu ditutup. Disisakan satu tempat yakni di gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumbar. Namun satu pekan terakhir lonjakan kasus positif menjadi-jadi. Lokasi karantina BPSDM tidak lagi memadai sehingga akan dibuka beberapa tempat karantina kembali.

“BPSDM Provinsi sudah tidak muat lagi. Lokasi karantina seperti balai pertanian, diklat tenaga kerja, kita aktifkan lagi. Kami harap kabupaten/kota juga menyiapkan lagi (karantina) ini. Jangan semuanya dioper ke provinsi, kita bagi tugas,” bebernya.  

Pembukaan kembali pusat karantina, sebelumnya juga diusulkan Dokter Finny Fitri Yani spesialis anak dan konsultan paru di RSUP M Jamil Padang. Tujuannya agar tidak semua pasien menumpuk ke rumah sakit, sehingga menyebabkan tenaga medis bisa kewalahan.

“Pusat karantina juga diperlukan agar pasien positif tidak isolasi mandiri di rumah. Sebab isolasi mandiri diragukan efektifitasnya dalam memutus mata rantai penularan karena ada kemungkinan menjangkiti anggota keluarga dan tetangga sekitar,” ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan Dr. Afriani, tim gugus tugas penanganan Covid 19 RSUP M Jamil Padang. Menurut catatannya, saat ini ada 30 an pasien positif Covid kategori sedang dan memiliki penyakit bawaan yang dirawat di M Jamil Padang.

‘Kami di M Jamil masih mampu secara sarana dan SDM dalam penanganan ini. Kami harap masyarakat benar-benar menerapkan protokol kesehatan agar penularan bisa terkendali, tidak justru ada ledakan kasus baru. Kalau bertambah terus kami juga kewalahan. Semoga tidak sampai seperti itu,” pintanya.

Menutup perbincangan di RRI Padang, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit juga memberikan semangat pada tenaga medis yang masih kuat bekerja melakukan penanganan pasien Covid 19.

“Tetap semangat tenaga kesehatan yang masih bekerja menangani pandemi ini. Jaga juga kesehatannya, semoga ini segera berakhir,” tuturnya.

“Terima kasih Pak Wagub semangatnya,” jawab Dr. Finny dan Dr. Afriani dari RSUP M Djamil Padang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00