Pencairan BST Kemensos Lebih Dekat, Masyarakat Berharap BST Berlanjut

KBRN Padang: Tiga tahap sudah, pencairan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk masyarakat terdampak sosial akibat pandemi corona dilaksanakan. Pada tahap 3 ini, terdapat kemudahan layanan distribusi BST yang diberikan Kemensos melalui kerjasama Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBP2KS) Regional I dan Kantor Pos Cabang Padang. Sebab penerima manfaat yang tinggal di wilayah BBP2KS Padang, tepatnya di Kecamatan Pauh, tak perlu lagi menjemput BST ke Kantor Pos Padang yang jaraknya relatif jauh.

“Kalau BST tahap 1 dan 2 jemput di Kantor Pos jauh. Saya punya anak kecil nggak mungkin saya tinggal. Sekarang tahap 3 bisa jemput langsung ke kantor ini (BBP2KS), dekat dari rumah. Tidak was-was ninggalin anak sebentar. Kalau bisa BST covid juga dilanjutkan,” ucap Misnar warga Kelurahan Kapalo Koto, Kecamatan Pauh, yang ditemui RRI ketika pencairan BST tahap 3, Kamis siang (9/7/2020).

Hal itu pun diapresiasi langsung Kepala Badan Pendidikan, Penelitian, dan Penyuluhan Kemensos, Prof. Syahabuddin. Menurutnya, yang dilakukan BBP2KS Regional I Sumatera yang ada di Padang ini, membutikan Kemensos hadir dekat dan melayani masyarakat.  

“Layanan pro aktif yang dilakukan BBPPKS Regional I ini, juga disarankan dilakukan juga oleh BBPPKS regional lainnya,” pintanya.

Sementara itu Kepala BBPPKS Regional I Sumatera, Beni Sujanto mengungkapkan, pendekatan layanan ini semata-mata untuk memudahkan akses masyarakat yang saat ini mengalami kesusahan akibat pandemi corona.

“Ya saya mikirnya, kalau harus jemput ke Kantor Pos di pusat kota kan lumayan jauh dari sini. Itulah awalnya saya kerjasama dengan Kantor Pos Padang mendirikan loket disini,” bebernya.

Di sisi lain, Kepala Kantor Pos Cabang Padang Sartono menjelaskan, pembukaan loket pembayaran BST Kemensos ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat agar tidak lagi ke kantor pos di pusat kota. Loket ini tidak hanya melayani warga Kecamatan Pauh yang tercatat sebagai penerima BST, namun juga untuk sebagian warga yang tinggal di Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji. “Catatannya, terdapat 1.443 kepala keluarga penerima BST di Kecamatan Pauh dan wilayah Pasar Ambacang Kuranji yang mengambil BST di sini,” ucapnya.

BST Kemensos untuk warga terdampak pandemi corona di Kota Padang telah dicairkan sebanyak 3 tahap, yakni untuk bulan April, Mei, dan Juni. Setiap bulannya, keluarga penerima manfaat mendapat suntikan uang tunai sebesar Rp 600.000.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00