Laboratorium Unand Telah Periksa Hampir 40 Ribu Spesimen

Dokter Andani

KBRN, Padang : Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas hingga saat ini telah memeriksa 39.145 spesimen. Dari jumlah tersebut sampel paling banyak berasal dari Kota Padang mencapai 55 persen.

"Kota Padang yang rajin mengirimkan sampelnya ke labor dibandingkan dari lainnya di Sumatera Barat," kata Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi, FK Unand dokter Andani Eka Putra, saat diseminasi informasi secara daring yang diselenggarakan Diskominfo Padang, Rabu (1/7/2020).

Dokter Andani menyampaikan, banyaknya sampel yang dikirim Kota Padang, karena Pemko Padang rutin menggelar pemeriksaan swab dan tracking dilakukan setiap hari. Menurutnya, wajar banyak kasus positif Covid-19 yang ditemukan di Kota Padang.

"Kalau tidak ada pemeriksaan swab tentunya tidak ada kasus positif yang ditemukan. Hal seperti ini banyak terjadi diberbagai daerah, tidak terkecuali daerah di Sumatera Barat," ungkapnya.

Menurutnya, saat ini beberapa daerah lain di Sumatera Barat seperti Kota Padang Panjang, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kabupaten 50 Kota juga sudah mulai banyak mengirimkan sampel. Pihaknya mengingatkan kepada Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat mengirimkan sampel sebanyak-banyaknya agar penularan virus ini bisa diputus dengan cepat.

"Yang sedikit mengirimkan sampel itu Kabupaten Pasaman Barat dan Kota Pariaman," ujarnya.

Dokter Andani menyampaikan, dengan pemeriksaan swab yang berkelanjutan diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Sumatera Barat. Masyarakat yang positif Covid-19 harus segara di karantina untuk mendapatkan perawatan.

"Kondisi reagen kita untuk memeriksa hasil test swab cukup banyak, peralatan sudah memadai. Sudah tidak ada alasan, malas melakukan pemeriksaan, bahkan kemampuan labor kita saat ini dapat memeriksa 3 ribu lebih spesimen dalam sehari," tuturnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00