Pemeriksaan Swab Pedagang Pasar Raya Padang Tahap II Dilanjutkan Hingga Sabtu

KBRN, Padang : Dinas Perdagangan Kota Padang kembali melanjutkan pemeriksaan swab pedagang Pasar Raya tahap II hingga Sabtu 30 Mei 2020. Pemeriksaan swab masih digelar depan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Blok III Lantai 4, Pasar Raya Padang.

"Sebelum Lebaran sudah kita lakukan swab selama tiga hari, tercatat 571 orang mengikutinya. Kemudian kita lanjutkan lagi tahap dua mulai kemarin, hingga Sabtu mendatang," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Andree Algamar kepada wartawan, Kamis (28/5/2020).

Andree mengungkapkan, diperpanjangannya pemeriksaan swab massal karena belum mencapai target seribu pedagang yang diswab. Selain itu, guna memberikan rasa aman bagi pedagang maupun pembeli karena sudah diperiksa, sehingga jelas apakah terpapar Covid-19 atau tidak.

"Semakin banyak yang diperiksa tentu akan semakin baik. Akan jelas siapa saja yang terjangkit Covid-19, sehingga semakin mempercepat upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 pada klaster Pasar Raya Padang ini," ungkapnya.

Ia menyampaikan, total setidaknya hingga siang hari ini sudah ada 900 lebih pedagang maupun orang yang beraktivitas di Pasar Raya Padang yang telah di swab. Andre merinci, sebelum swab massal digelar di areal MPP, sudah ada sekitar 153 pedagang yang melakukan swab di berbagai puskesmas dan rumah sakit. Kemudian swab massal tahap I sebelum Lebaran mencapai 571 pedagang.

"Kemarin atau hari pertama swab massal tahap II sudah ada 198 orang yang di swab. Hingga siang ini juga telah hampir seratusan, sehingga totalnya sudah mencapai 900an lebih di swab," jelasnya.

Andree menyampaikan, pada pemeriksaan swab massal tahap 1 yang terkonfirmasi positif hanya 38 orang, sedangkan sisanya 497 orang negatif.

"Jauh lebih banyak yang negatif ketimbang positif. Kita harapkan kurva penyebaran covid-19 klaster Pasar Raya Padang akan melandai," sebutnya.

Andree mengimbau, pedagang maupun masyarakat yang beraktivitas di Pasar Raya Padang untuk tidak takut melakukan pemeriksaan swab massal. Sebab dengan telah dilakukan swab, akan lebih jelas terjangkit Covid-19 atau tidak.

"Pasar Raya Padang adalah nadinya perekonomian di Kota Padang. Kalau kita bisa memberikan jaminan rasa aman kepada pembeli dengan memastikan diri tidak terpapar Covid-19, tentunya perekonomian di Pasar Raya akan kembali pulih," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00