Masih Berlaku Putar Balik Hingga Normal Baru Diterapkan di Sumbar

KBRN, Padang: Sekitar 3.400 kendaraan terpantau melintasi 9 titik perbatasan wilayah Sumatera Barat (Sumbar) di masa pandemi corona sejak 17 sampai 24 Mei (Idul Fitri). Catatan Dinas Perhubungan Provinsi Sumbar, tak semua kendaraan itu diizinkan masuk.

“Sebagian lainnya terpaksa diarahkan putar balik karena tidak memenuhi ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” ucap Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Heri Nofiardi pada RRI di Padang, Selasa (26/5/2020).

Heri Nofiardi, mengatakan, dari  3.400 kendaraan di perbatasan, sebanyak 1.269 diminta putar balik. Sebabnya tidak memiliki surat keterangan sehat ataupun tugas, sehingga tidak diperkenankan masuk ke wilayah yang menerapkan PSBB.

“Kebijakan itu masih berlangsung sampai berakhirnya PSBB di Sumbar, yakni hingga 29 Mei. Setelah itu masuklah normal baru,” jelasnya.

Namun untuk penerapan hidup normal baru, Heri mengungkapkan, Dinas Perhubungan masih menunggu arahan dari Gubernur. Sebab Permenhub nomor 25 tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Mudik Idul Fitri dalam Rangka Pencegahan Covid-19 baru berakhir 31 Mei mendatang. Namun untuk penerapan normal baru di Sumbar sudah ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00