Subvarian Omicron Ba.4 dan Ba.5 Diprediksi Muncul di Sumbar pada Juli 2022

KBRN, Padang : Kemunculan subvarian omicron BA-4 dan BA-5 di Sumatera Barat diprediksi awal Juli 2022. Hal itu dilihat dari trend kasus yang terus meningkat di Pulau Jawa. Diperlukan penguatan sistem kesehatan dalam pengendalian  varian baru tersebut, diantaranya dengan menggencarkan program vaksinasi  di lingkungan masyarakat.

Meskipun saat ini di Sumatera Barat belum ada yang terpapar kasus dimaksud, Dokter Andani Eka Putra meminta  masyarakat dapat  melakukan langkah antisipasi melalui  disiplin  penerapan protokol kesehatan Covid-19 dalam beraktivitas di luar rumah.

“Bagi masyarakat yang terpapar virus subvarian omicron BA-4 dan BA-5 yang paling umum, seperti demam, batuk, kelelahan, hilang penciuman, diare, dan mata merah atau iritasi. Meskipun saat ini di Sumatera Barat belum ada yang terpapar kasus dimaksud, kita meminta kepada masyarakat dapat mengantisipasinya lewat disiplin dalam penerapan protokol kesehatan covid-19 dalam beraktivitas diluar rumah,” ucap Andani Eka Putra (Selasa, 21/6/2022).

Seperti diketahui, subvarian omicron BA.4 dan BA.5 merupakan turunan dari omicron akibat perubahan asam amino. Virus  tersebut memiliki  implikasi klinis lebih ringan serta tingkat kematiannya lebih rendah dari omicron. Diharapkan, seluruh lapisan lini masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar