4 Petugas RSUP Dr M Djamil Padang Positif Covid-19 Varian Omicron

KBRN, Padang : Dari 14 warga Sumatera Barat yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron, empat di antaranya merupakan petugas RSUP Dr M Djamil Padang. 

Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUP Dr M Djamil Padang Gustavianof mengungkapkan, empat petugas ditemukan positif Covid-19 varian Omicron usai dilakukan pemeriksaan lab terhadap hasil tes usap PCR mereka. Sebab sesuai standar operasional prosedur (SOP) di rumah sakit, setiap petugas yang pulang dari perjalanan dinas luar kota diwajibkan melakukan tes PCR sebelum kembali beraktivitas.

"Jadi mereka belum masuk lagi ke rumah sakit untuk bekerja karena aturannya harus menunggu dulu hasil PCR. Semuanya di bagian administrasi tidak ada yang melayani pasien," katanya saat dikonfirmasi RRI di Padang, Jumat (28/1/2022).

Gustavianof menyampaikan, empat petugas RSUP Dr M Djamil Padang tersebut dalam kondisi baik dan hampir sembuh. Mereka menjalani isolasi mandiri di rumah dengan pantauan dari tim K 3 RSUP Dr M Djamil Padang.

"Hanya gejala ringan sehingga tidak memerlukan rawatan di rumah sakit. Cukup isolasi mandiri saja," ujarnya.

Menurut Gustavianof, usai ditemukannya petugas yang terkonfirmasi positif varian Omicron, secara bertahap seluruh pegawai di RSUP M Dr M Djamil Padang melakukan pemeriksaan PCR. Tujuannya untuk memastikan pegawai lain tidak dalam kondisi terpapar Covid-19.

"Selama masa pandemi kami di RSUP Dr M Djamil memang rutin melakukan pemeriksaan PCR. Jadi tidak hanya saat ada kasus terkonfirmasi positif. Pemeriksaan PCR rutin guna mengantisipasi penularan Covid-19," katanya.

PPID RSUP Dr M Djamil Padang Gustavianof menambahkan, hingga saat ini belum ada pasien positif Covid-19 varian Omicron yang dirawat di RSUP Dr M Djamil Padang. Pihak rumah sakit siap kembali mengaktifkan sarana dan prasarana untuk rawatan pasien positif Covid-19 apabila terjadi peningkatan kasus.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar