Menyusul Masuknya Omicron, Rumah Sakit di Padang Siaga Kembali

Tes usap guru di Padang. foto Antara.jpg

KBRN, Padang: Menyusul terdeteksinya varian omicron di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Rasidin Padang kembali menyiapkan kembali ruang rawatan khusus Covid-19. Direktur Utama RSUD dr. Rasidin Padang, dr. Herlin Sridiani mengatakan, adanya informasi pasien Covid-19 yang terdeteksi varian omicron langsung disikapi dengan kesiapsiagaan. Ruang rawatan khusus dengan kapasitas 26 kasur masih disiagakan. Begitupula untuk SDM, obat-obatan, oksigen.

“Ruang rawatan Covid-19 masih kami siagakan, tidak diubah peruntukannya. Kalau sewaktu-waktu ada rujukan Covid-19, kami bisa langsung menampung,” ucapnya pada RRI di Padang, Jumat (28/1/2022).

Herlin mengungkapkan, saat ini tidak pasien Covid-19 yang secara intensif dirawat di RSUD dr. Rasidin. Namun ada beberapa pasien positif di bawah pengawasan RSUD, yang memilih isolasi mandiri karena kategori ringan.

Herlin mengimbau masyarakat agar tidak panic menyikapi informasi varian omicron yang telah terdeteksi. Menurutnya, disiplin protokol kesehatan masih menjadi kunci untuk menghalau penularan.

Sebelumnya pada 27 Januari, Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dr. Andani Eka Putra mengatakan, hasil uji 31 sampel positif Covid-19, 15 diantaranya varian omicron. 14 sampel positif omicron merupakan pasien di Sumbar, sedangkan 1 di luar Sumbar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar