Perlunya Pemahaman Orang Tua Terkait Vaksinasi Anak

KBRN, Padang : Kendati pelaksanaan pemberian vaksin bagi anak usia 6 hingga 11 tahun telah di laksanakan sebagian Kabupaten Kota di Sumatera Barat, namun pemahanan orang tua terkait dengan vaksinasi covid 19 tetap harus ditingkatkan.

Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan, pencapaian vaksinasi di Sumatera Barat untuk masyarkat umum saat ini sudah melebihi target. Sementara itu untuk vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun masih rendah, dan sebagian Kabupaten Kota belum melaksanakannya. Satake Bayu Setianto menjelaskan ini perlu adanya sosialisasi dan edukasi kepada orang tua.

“Vaksin kita sudah melebehi, namun untuk anak anak masih rendah, ini perlu adanya sosialisasi lagi kepada orang tua, selain itu pihaknya juga melakukan pendataan yang berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan sekolah,”ujar Satake Bayu Setianto.

Sementara itu Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Prof. Indang Dewata  mengungkapkan, perlu sosok kompeten yang menjelaskan perlu dan pentingnya vaksin bagi anak. Sebab saat ini banyak beredar informasi yang memicu kekhawatiran bahkan ketakutan dari orang tua untuk mengizinkan anaknya divaksin. Padahal informasi yang mereka terima belum tentu kebenarannya.

“Memang harus ada satu orang yang dapat menyakinkan orang tua, seperti dokter anak. Dokter ini lebih maksimal untuk  memberikan edukasi, tapi kalau Dinas Pendidikan yang terus menyampaikan, itu akan selalu tidak didengar dan bisa terjadi pro dan kontra,”ujar Indang Dewata.

Menurut Prof. Indang, dalam melaksanakan vaksinasi pada anak, harus dihindari cara-cara yang terkesan memaksa. Indang menilai, masyarakat saat ini masih membutuhkan edukasi dan penjelasan terkait vaksinasi untuk anak. Dinas terkait, seperti kesehatan, pendidikan, harus massif memberikan edukasi sebelum pelaksanaan program ini, sehingga tidak terkesan mengejar  target.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar