FOKUS: #VAKSIN COVID

Puskesmas Andalas Bagikan Tips bagi Anak Sebelum Divaksin

KBRN, Padang : Kepala Puskesmas Andalas dr Mela Aryati membagikan tips saat melakukan sosialisasi vaksinasi Covid-19 di SD Negeri 22 Kecamatan Padang Timur Kota Padang.

"Yang pertama jangan lupa sarapan atau makan sebelum mengikuti vaksinasi, yang kedua istirahat yang cukup sehari sebelum vaksin, dan jika sesudah vaksin tangan anak membengkak, dapat dikompres dengan air dingin," ujarnya, Jumat (21/1/2022).

Sosialisasi ini diikuti oleh para orang tua/wali murid mulai dari kelas hingga kelas 6 SDN 22, sebelum dimulainya program vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun di wilayah tersebut.

Dokter Mela menjelaskan, dengan Vaksinasi anak usia sekolah, akan melindungi banyak sekali pihak dari resiko berat Virus Corona (Covid-19).

Selain menjadi tameng sesama anak, mereka juga akan menjadi pelindung untuk keluarganya di rumah, maupun orang-orang di sekitarnya.

Ia menambahkan, kegiatan vaksinasi anak ini juga sebagai langkah mendukung dimulainya pembelajaran tatap muka secara penuh di Kota Padang.

Ada banyak manfaat vaksinasi bagi tubuh kita, pertama merangsang sistem kekebalan tubuh, karena vaksin terdiri dari berbagai produk biologi dan bagian dari virus yang sudah dilemahkan dan disuntikkan ke dalam manusia.

"Proses ini akan merangsang timbulnya imun atau daya tahan tubuh seseorang," katanya.

Selanjutnya yakni guna mengurangi resiko penularan, karena seseorang yang telah disuntikkan vaksin akan merangsang antibodi untuk belajar dan mengenali virus yang telah dilemahkan tersebut.Dengan demikian tubuh akan mengenal virus dan mengurangi risiko terpapar.Serta untuk mengurangi dampak berat dari virus, dengan kondisi kekebalan tubuh yang telah mengenali virus, maka jika sistem seseorang kalah dan kemudian terpapar maka dampak atau gejala dari virus tersebut akan mengalami pelemahan.

Sumber InfoPublik.id

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar