FOKUS: #VAKSIN COVID

Tak Ada Lagi Syarat Minimal, Seluruh Daerah Boleh Lakukan Vaksinasi Anak Usia 6 Hingga 11 Tahun

KBRN, Padang : Seluruh daerah sudah diizinkan melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun. Sebab tidak ada lagi syarat minimal yang harus dipenuhi.

"Pemerintah Pusat telah memperbaharui ketentuan terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun. Kini daerah tidak harus mencapai target minimal 70 persen untuk vaksinasi dosis pertama dan 60 persen capaian lansia agar dapat melakukan vaksinasi anak," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Arry Yuswandi saat dihubungi RRI di Padang, Minggu (16/1/2022).

Arry mengatakan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah mengeluarkan surat pada 13 Januari 2022 lalu yang berisikan seluruh daerah sudah diizinkan melaksanakan vaksinasi Covid-19 anak usia 6 hingga 11 tahun.Kendati tidak secara gamblang dijelaskan alasan diperbolehkannya vaksinasi Covid-19 anak tanpa syarat minimal, Arry menyampaikan,pertimbanganya sasaran vaksinasi harus segera disuntik guna mencapai kekebalan imun kelompok.

"Apalagi, banyak dari sasaran vaksin yang ternyata merantau sehingga hasil diskusi bersama kabupaten/kota, vaksinasi usia anak bisa segera dilaksanakan," ujarnya.

Sementara itu di Kota Sawahlunto, vaksinasi Covid-19 dosis pertama bagi anak usia 6 hingga 11 tahun telah mencapai 65 persen dari target 6 ribuan. Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Sawahlunto  Yasril berharap, akhir bulan ini, pemberian dosis pertama vaksinasi Covid-19 anak di Kota Sawahlunto dapat tuntas.

"Pemberian vaksinasi anak tidak terlalu sulit, karena sudah jelas sasaran yang dituju. Dinas Kesehatan hanya perlu memberikan sosialisasi kepada orangtua terkait pentingnya pemberian vaksinasi pada anak di masa pandemi agar mengizinkan anak untuk divaksin Covid-19," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar