FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Antisipasi Varian Omicron Melalui Prokes dan Vaksinasi Covid-19

KBRN, Padang : Protokol Kesehatan dan Vaksinasi masih menjadi kunci melawan covid-19 termasuk terhadap varian baru yang disebut Omicron.

Dunia kembali dihebohkan dengan munculnya varian baru Covid-19 Omicron yang disebut penularannya jauh lebih cepat dibandingkan varian Delta. Akibatnya sejumlah negara menutup akses masuk beberapa negara Afrika yang terdeteksi sebagai tempat penularan Covid-19 varian Omicron.

Menyikapi kondisi itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat Jasman Rizal mengatakan, masyarakat tidak perlu terlalu khawatir dan cemas terhadap munculnya varian baru Covid-19. Namun dengan catatan, selalu disiplin terhadap penerapan protokol kesehatan dan telah melakukan vaksinasi Covid-19 sebanyak dua kali.

"Saya pikir apa pun varian covid-19 yang ada, cara mengantisipasi penularannya yakni dengan protokol kesehatan Covid-19 dan vaksinasi," katanya kepada RRI di Padang, Kamis (2/12/2021).

Menurut Jasman, tidak ada cara ampuh lainnya dalam melawan berbagai varian Covid-19 selain berpegang pada protokol kesehatan dan vaksinasi. Sebab dua hal dimaksud, diyakni sebagai tameng dalam melawan pandemi Covid-19.

"Kalau untuk fasilitas di rumah sakit juga sudah representatif karena kita pernah mengalami lonjakan kasus pada pertengahan tahun lalu," ujarnya.

Sementara itu, Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi RSUP M Djamil Padang Gustavianof mengatakan, sebagai rumah sakit tersier harus siap membantu masyarakat dalam menghadapi bencana Covid-19.

Gustavianof menambahkan, fasilitas rawatan Covid-19 yang saat ini telah digunakan sebagai tempat perawatan biasa, akan kembali diaktifkan apabila kasus positif Covid-19 kembali meninggi. Sebab saat ini, RSUP Dr M Djamil Padang tidak ada lagi melakukan perawatan pada pasien Covid-19 karena kasus positif yang minim.

"Kita sudah memiliki panduan penanggulangan bencana termasuk Covid-19," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar