Epideomolog Unand : Varian Baru Omicron, Tutup Semua Pintu Masuk Jalur Darat, Udara dan Laut Daerah Terjangkit

KBRN, Padang : Varian baru virus corona kembali muncul, dikhawatirkan akan terjadi gelombang 3 di Indonesia. Sebab, varian baru yang bernama omicron telah terdeteksi di daerah tetangga Indonesia seperti Afrika Selatan, Australia, Italia, Hongkong, Kanada, Belgia dan Jerman. Demikian disampaikan epideomolog Universitas Andalas Defriman Djafri kepada RRI, siang tadi.

Defriman mengatakan, keberadaan varian omicron belum jelas penyebabnya, akan tetapi diyakini kinerja penyebaran virusnya dua kali lipat lebih cepat dibandingkan varian delta yang terjadi saat gelombang 2 dulu. Hal itu dibuktikan, dari jumlah pasien terpapar omicron yang terjadi di Afrika Selatan, yang didominasi oleh usia remaja atau mahasiswa.

Untuk mengantisipasi penyebaran varian baru dimaksud, Defriman menyarankan pemerintah Indonesia dan Provinsi Sumatera Barat khususnya untuk menutup pintu masuk jalur darat, laut dan udara yang memudahkan warga negara yang terjangkit masuk ke Indonesia, salah satu negaranya Australia dan Hongkong.

“Bahkan kalau kita liat ciri-ciri gejalanya tidak jauh beda dengan varian delta, bahkan yang terpapar varian omicron ini penciuman tetap ada cuman hanya rasa letih yang berlebihan yang dirasan oleh penderita,” ucap Defriman Djafri (Rabu, 1/12/2021).

Epideomolog Universitas Andalas Defriman mengimbau masyarakat tidak panik, yang terpenting tetap waspada terhadap penyebaran virus corona, dengan penerapan protokol kesehatan yang menjadi pondasi kuat untuk diri masing-masing.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar