Gebyar Sumdarsin ke 5 di Muaro Kiawai Pasbar Berjumlah 1.292 Orang

KBRN, Padang : Untuk menciptakan herd imunity, masyarakat diminta untuk terus mengikuti vaksinasi di gebyar vaksin yang diselenggarakan oleh pemerintah. Pada gebyar Sumatera Barat Sadar Vaksin (Sumdarsin) yang ke 5 yang digelar di lapangan bola kaki belakang Kantor Wali Nagari Muaro Kiawai, Sabtu (27/11) diikuti sebanyak 1.292 orang.

Kepala Kepolisian Resor Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto, S.I.K, M.M di sela-sela peninjauan Gebyar Sumdarsin Tahap 5, didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Jon Hardi, Forkopimca Gunung Tuleh dan stakeholder terkait lainnya mengatakan akan terus mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi.

Kapolres mengatakan gebyar vaksinasi tersebut merupakan upaya Polres Pasaman Barat bersama Pemkab Pasbar untuk mempercepat capaian angka vaksinasi dari target yang telah ditetapkan.

"Gebyar Sumdarsin ke 5 di Kecamatan Gunung Tuleh ini membuka delapan gerai vaksin untuk masyarakat, dengan melibatkan tim kesehatan yang telah ditunjuk. Sebanyak 1.292 orang berhasil kita vaksin,"urai Kapolres.

Menurut Kapolres, minat masyarakat untuk vaksin telah meningkat dibandingkan sebelumnya. Namun masih ada masyarakat yang belum sempat divaksin karena kesibukan dan keengganan datang ke lokasi vaksin. Untuk itulah pihaknya turun sampai ke nagari atau jorong melakukan kegiatan vaksin dengan membawa tenaga kesehatan.

"Kami istilahnya menjemput bola kemasyarakat dan mendatangi masyarakat langsung. Jika vaksin diadakan di kecamatan atau kabupaten maka kendaraan operasional Polres siap antar jemput warga," sebutnya.

Ia mengajak masyarakat yang belum divaksin agar segera disuntik vaksin karena tidak ada dampak bahaya yang ditimbulkan oleh vaksin.

"Vaksin itu aman dan halal dengan adanya fatwa MUI. Mari bagi masyarakat yang belum vaksin datangi gerai vaksin dan fasilitas kesehatan terdekat," ajak Kapolres.

Selain meninjau pelaksanaan Gebyar Sumdarsin ke 5 ini, Kapolres juga membagikan paket sembako berupa beras, minyak goreng serta susu kepada peserta vaksin.

Ia mengajak kepada masyarakat yang sudah divaksin juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi keluar rumah.

"Mudah-mudahan dengan usaha dan upaya yang dilakukan ini virus Covid-19 dapat hilang dan kita semua sehat semua,"katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pasbar Jon Hardi mengatakan jika per 26 November persentase capaian vaksin sudah 48,39 persen untuk dosis pertama, dan untuk dosis ke 2 sudah 16,92 persen.

"Dengan gebyar ini dan kerjasama semua pihak, semoga taget vaksin bisa tercapai,"katanya.

Sedangkan untuk stok vaksin hingga sekarang masih aman, kecuali vaksin merek Moderna masih kosong. Informasi dari pemerintah provinsi vaksin moderna akan datang dalam minggu terakhir November ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar