FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Capaian Vaksinasi di Puskesmas Andalas Telah 5 Ribu Lebih

KBRN, Padang : Sejak dimulainya program vaksinasi Covid-19, Puskesmas Andalas Kota Padang telah memvaksin sebanyak 5 ribu orang lebih.

"Capaian untuk tenaga kesehatan sudah seratus persen, pekerja pelayanan publik juga, yang masih rendah itu vaksinasi lansia," kata Koordinator Pelayanan Puskesmas Andalas, Dokter Ikra Alfata Azra, kepada RRI di Padang, Sabtu (15/5/2021).

Dokter Ikra mengatakan, selama libur Lebaran, pelayanan vaksinasi bagi lansia maupun pekerja pelayanan publik tetap diberikan. Pelayanan vaksinasi dilakukan di halaman Puskesmas Andalas Kota Padang, dengan melibatkan tiga tim vaksinator secara bergantian.

Menurut Dokter Ikra, sejumlah kendala menjadi penyebab rendahnya capaian vaksinasi lansia di Kecamatan Padang Timur yakni seperti adanya stigma negatif yang berkembang terkait bahaya vaksin pada lansia. Selain itu, tidak adanya pendamping yang mengantarkan lansia untuk mendapatkan vaksin di puskesmas.

"Masih ada informasi-informasi yang salah berkembang di masyarakat perihal vaksin lansia. Padahal alhamdullilah sudah 5 ribu lebih vaksinasi kami lakukan tidak ada kejadian ikutan pasca imunisasi yang berarti," katanya.

Dokter Ikra mengatakan, hingga saat inicapaian vaksinasi terhadap lansia baru menyentuh angka 5,5 persen atau 347 orang dari target 6. 200 orang lansia. Nantinya usai libur Lebaran, petugas kesehatan akan memaksimalkan berbagai upaya agar vaksinasi lansia dapat mencapai target.

"Kami akan tetap melakukan sosialisasi ke masyarakat agar program vaksinasi dapat berjalan sesuai dengan target yang diberikan," katanya.

Koordinator Pelayanan Puskesmas Andalas, Dokter Ikra Alfata Azra mengimbau, bagi masyarakat yang memiliki orangtua berstatus lansia dapat membawa ke Puskesmas Andalas mulai pukul 08.00 WIB hingga 11:00 WIB untuk mendapatkan vaksinasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00