Puskesmas Andalas Tetap Buka Pelayanan Penanganan Covid-19 di Masa Libur Lebaran

KBRN, Padang : Meskipun di masa libur Lebaran, pelayanan yang diberikan di Puskesmas Andalas, Kota Padang tetap seperti hari biasanya. Pelayanan tetap dibuka dari pukul 07:30 WIB hingga 14:30 WIB.

"Masih buka seperti biasanya, kecuali pas tanggal merah di hari Lebaran Kamis lalu tutup sehari," kata Koordinator Pelayanan Puskesmas Andalas, Kota Padang Dokter Ikra Alfata Azra, saat ditemui RRI di Padang, Sabtu (15/5/2021).

Menurut Dokter Ikra, selain pelayanan umum, pelayanan untuk penanganan Covid-19 seperti pemeriksaan swab gratis dan vaksinasi tetap diberikan. Petugas tetap melakukan tracking, tracing dan testing terhadap kontak erat pasien positif Covid-19.

Dokter Ikra mengatakan, H plus dua Lebaran pelayanan paling banyak di akses masyarakat yakni pemeriksaan swab. Masyarakat yang datang untuk melakukan pemeriksaan swab yakni memiliki gejala, pelaku perjalanan, dan pasien positif yang melakukan pemeriksaan swab lanjutan.

"Kami tetap bekerja seperti biasanya melakukan tracking dan tracing meski dimasa libur Lebaran," katanya.

Koordinator Pelayanan Puskesmas Andalas Dokter Ikra Alfata Azra menyampaikan, setidaknya ada 72 petugas kesehatan yang tetap masuk di hari Lebaran secara bergantian. Namun tidak semuanya ditempatkan di Puskesmas Andalas, karena ada yang ditugaskan diberbagai pos pengamanan dan pelayanan.

"Ada senang dan sedihnya bekerja di hari libur Lebaran. Tapi kami tetap semangat bekerja terutama di masa pandemi karena banyak masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Semoga semua yang dilakukan menjadi berkah dan pandemi segera berakhir," katanya.

Dokter Ikra mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan. Sebab hingga saat ini, penularan Covid-19 di Kota Padang masih terbilang tinggi karena berada di zona orange.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00