Bapenda Padang Minta Rasionalisasi Target Penerimaan PAD 2022

KBRN, Padang : Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Padang berharap agar dilakukan kembali rasionalisasi atau penghitungan ulang terhadap target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dibebankan pada tahun 2022. Sebab target dinilai terlalu tinggi, sehingga tidak memungkinkan dapat tercapai.

Kepala Bapenda Kota Padang, Yosefriawan kepada RRI di Padang, mengungkapkan, target penerimaan PAD Kota Padang pada tahun 2022 ditetapkan sebesar Rp989 miliar.

"Angka ini dinilai terlalu tinggi di masa kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir," katanya, Minggu (3/7/2022).

Menurut Yosefriawan, perlu dilakukan rasionalisasi target penerimaan PAD tahun ini. Hal itu bertujuan agar target yang ditetapkan sesuai dengan potensi pajak daerah maupun retribusi sebagai sumber penerimaan PAD di lapangan.

Yosefriawan menyampaikan, saat ini Bapenda Kota Padang melakukan kajian potensi pajak daerah guna memastikan jumlah PAD yang dapat diraih pada tahun ini. Kajian potensi pajak daerah tersebut diperkirakan dapat selesai pada September mendatang.

"Namun berdasarkan hitungan sementara dari Bapenda, target penerimaan PAD tahun 2022 idealnya hanya berada di angka Rp600 hingga Rp650 miliar," ujarnya.

Yosefriawan menambahkan, dalam tujuh tahun terakhir berdasarkan data yang ada realisasi penerimaan PAD Kota Padang tertinggi hanya mencapai 540 miliar rupiah. Dengan melihat angka tersebut, target penerimaan PAD tahun ini sebesar Rp989 miliar tidak akan mungkin dapat tercapai jika tidak kembali dirasionalisasikan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar