WALI KOTA SAWAHLUNTO, HARAP OPD KELOLA APBD 2022 DENGAN BAIK

KBRN, Padang : Wali Kota Sawahlunto Deri Asta berharap, masing masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pemerintah desa/kelurahan, agar dapat mengelola APBD Tahun 2022 dengan lebih baik.  Tahun ini Pemerintah Kota Sawahlunto mendapatkan anggaran sebesar 675 Miliyar rupiah lebih.

Hal tersebut disampaikannya pada saat penyerahan Dokumen Pelaksana Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah baru baru ini di Hall Ombilin Kota Sawahlunto.

Lebih lanjut Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menjelaskan, pada tahun 2022, Pemerintah Kota Sawahlunto untuk Dana Alokasi Khusus mendapat peningkatan 2 kali lipat dari tahun sebelumnya.

"Pada 2022 sekarang ini Alhamdulillah Sawahlunto ada peningkatan Dana Alokasi Khusus (DAK), yang merupakan buah dari roadshow dan mengajukan proposal ke pemerintah pusat. Kami minta agar OPD dapat mengelola DAK ini dengan maksimal sehingga tepat guna, tepat waktu dan tepat sasaran," ujar Deri Asta, Sabtu (15/01/2022).

Pada kesempatan itu Wali Kota Deri Asta juga mengevaluasi beberapa hal yang menjadi kendala dalam membuat kinerja, sehingga pengelolaan anggaran menjadi tidak maksimal. Seperti adanya pekerjaan yang ditumpuk di akhir tahun, sehingga mutu perencanaan sampai pelaporan pekerjaan yang belum mencapai target. Untuk itu pihaknya berharap, selagi  diawal tahun 2022, masing masing OPD untuk segera memulai kegiatannya, terutama bagi  OPD yang memiliki DAK paling banyak.        Wali Kota Sawahlunto Deri Asta meminta, utamakan kegiatan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan penerima manfaat.

"Mari tinggalkan kebiasaan menumpuk pekerjaan di akhir tahun itu, sangat berpengaruh menurunkan mutu hasil pekerjaan. Ayo kita mulai dari sekarang pada awal tahun ini dengan semangat dan kebersamaan kita bergerak terutama memberikan porsi yang besar pada belanja produktif seperti belanja modal dan infrastruktur,"tambahnya.

Agar pekerjaan yang dilakukan sesuai dan tidak bertentangan dengan regulasi/aturan hukum, Wali Kota Deri Asta mengingatkan jajarannya untuk cepat tanggap dan patuh terhadap aturan dan mekanisme pelaksanaan kegiatan.

"Membangun kota dan melayani masyarakat ini harus kita lakukan dengan maksimal, untuk itu butuh kebersamaan. Saya minta ayo kita kompak dan satu visi, hilangkan ego-ego sektoral karena kita semua di Pemko ini adalah satu teamwork (tim kerja)," tutup Wali Kota.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar